Terungkap Dari  Uji Test Tabrak, Jeep Wrangler Tidak Setangguh yang Dibayangkan – Video

Otomotif1.com – Siapa yang tidak mengenal Jeep yang satu ini, apalagi di kalangan menengah atas. Kendaran bergaya SUV dengan tampilan kekar dan berotot, yang memberi kesan keamanan dan kenyamanan karena kekuatannya, ternyata tidak menjamin setelah Anda melihat video hasil uji tambraknya.

Belum lama ini lembaga keselamatan berkendara di Amerika Serikat IIHS, mengunggah video hasil uji tabrak SUV khas Amerika empat pintu Jeep Wrangler. Hasilnya sungguh membuat kita terperanggah, saat mobil macho itu menabrak sebuah pembatas yang digunakan untuk melihat reaksi dari keamanan mobil ini.

Akibat buruknya pada bagian sisi pengemudi ini membuat akumulasi penilaian pada sisi lainnya terseret turun. Padahal, penggunaan roll cage dan dampak cidera akibat tumbukan pada penumpang sudah mendapat nilai baik di uji tabrak sebelumnya.

Tapi, faktor ketidak mampuan mobil ini untuk menjaga keseimbangan ketika terjadi benturan sisi mengurangi kesempurnaan pengujian Jeep Wrangler.

“Dalam tes yang dilakukan dua kali, kendaraan terbalik setelah menabrak penghalang. Situasi ini sangat beresiko cidera tambahan tak terduga terhadap hitung-hitungan aspek keselamatan yang sudah terpasang pada mobil. Sebuah kendaraan yang terbalik atau terguling, bukanlah hal dapat diterima begitu saja untuk tabrakan frontal. Sebagai hasilnya, nilai keseluruhan Wrangler pada tes ini diturunkan,” tulis IIHS terkait hasil pengujian Jeep Wrangler, baru-baru ini.

Dalam pengujian test tabrakan samping, Wrangler memberikan hasil yang baik karena keempat bannya tetap menapak pada permukaan. Kelemahannya ada pada kursi penumpang belakang, yang tidak mendapatkan perlindungan maksimal.

Hasil uji test terhadap buruknya Jeep Wrangler ini ditanggapi langsung oleh Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

“FCA telah memproduksi model ini lebih dari 500.000 unit. Dari populasi ini, kami tidak mengetahui adanya insiden yang berkolerasi dengan hasil tes IIHS,” ujar FCA.

Meski demikian, FCA juga mengatakan akan mempelajari kembali dari hasil tes tersebut untuk diteliti lebih lanjut untuk pengembangan model di masa mendatang.

“FCA secara rutin akan memantau dan mengevalusasi pihak ketiga dan memaksukan temuan-temuan tersebut ke dalam proses pengembangan produk kami,” tutupnya.(*)

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -