Test Drive Pertama Wuling Almaz di Kota Pahlawan, Surabaya

Surabaya, Otomotif1.com – Meski baru tanggal 28 Februari 2019 mendatang Wuling Almaz baru diperkenalkan secara resmi ke publik Kota Pahlawan, Surabaya. Tapi tawaran untuk test drive datang dari dealer Wuling Motor Arista HR Muhammad tentu tidak akan kami lewatkan.

Kebetulan pada hari itu, Dealer Wuling Arista tengah menggelar Test Drive Event selama dua hari, mulai Sabtu-Minggu (16-17 Februari 2019).

Antusia masyarakat Kota Surabaya yang ingin merasakan akselerasi SUV terbaru dari Wuling Motor ini begitu besar. Terbukti dengan jumlah masyarakat yang hadir selama 2 hari acara di gelar sudah mencapai 200 lebih.

Bahkan menurut Iqbal, salah satu Sales Promotion Wuling Arista Hr Muhammad mengatakan jumlah yang inden sudah hampir 50 orang.

“Saya sendiri sudah mendapatkan empat orang yang inden untuk ambil Almaz, padahal barang dan harganya belum kami buka. Menurut informasi, kemungkinan harga Almaz untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya ada di kisaran Rp 330 jutaan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Otomotif1 diperkenankan untuk melihat-lihat langsung Almaz dari dekat bahkan ditawari untuk test drive. Tentu saja, kesempatan tersebut tidak bisa kami sia-siakan.

Dari tampilan eksterior yang kami lihat, Wuling Almaz sangat menjual sekali. Bodi kokoh dengan model lampu sipit yang modern, sayangnya ring yang digunakan pada Almaz berbeda dengan ring yang kami lihat saat Wuling Almaz baru memperkenalkan Baujun 530 diajang GIIAS 2018.

Pada Boujun 530 yang kami lihat menggunakan ring 19 inchi, tapi pada Almaz menggunakan ring 17 inchi. Selain itu, ada beberapa fitur yang ada di Cortez tapi tidak ada pada Wuling Almaz misalnya saja, auto headlamp, auto wipper dan GPS. Namun demikian, secara teknologi Wuling Almaz cukup menjanjikan.

Tapia da sedikit kesan unik ketika kita melihat layar monitor sebesar tablet menempel pada dashboard depan. Mungkin Almaz untuk saat ini adalah pemegang rekor kendaraan satu-satunya di dunia yang memiliki monitor terbesar setelah Tesla.

Sebagai informasi, mobil listrik Tesla model S memiliki monitor seperti tablet yang ukurannya dan letak posisinya sama dengan Almaz. Selain itu, pengguna Almaz dimanjakan dengan sound sistem Infinity, yang akan membuat telinga nyaman.

Untuk dapur pacu, Almaz dibekali dengan mesin berkapasitas 1.5L, 4 Silinder dengan turbocharger. Dengan kapasitas mesin sebesar itu Almaz bisa menghasilkan tenaga sebesar 140 Hp dan torsi maksimal 250 Nm.

Jika kita bandingkan dengan kompetitornya seperti Glory yang juga sama sama memiliki mesin berkapasitas 1.5L, torsi Almaz masih lebih besar.

Mesin Almaz disalurkan ke penggerak roda depan yang dikawinkan dengan transmisi CVT produksi Bosch. Uniknya, transmisi ini bisa disimulasikan ala transmisi manual 8-speed.

Menjajal Almaz boleh dikatakan mobil ini cukup mewah dengan jok kulit empuk yang sudah dilengkapi dengan electric adjuster sehingga memudahkan pengemudi untuk menyesuaikan dengan ketinggian yang diinginkannya.

Almaz menyiapkan dua model berkendara yaitu normal dan sporty. Dari posisi diam, Almaz memiliki tarikan yang smooth (halus). Tarikan halus ini sangat terasa hingga menyentuh kisaran rpm 2.500 maka aliran turbo mulai terasa. Performa turbo pada Almaz memang agak lambat dirasakan, namun dengan harga di bawah CR-V mobil ini sudah sangat membuat gerah pabrikan Jepang tersebut.

Sebagai perbandingan saja, transmisi CVT pada Almaz bekerja cukup baik dan tentunya jika dibandingkan dengan transmisi AMT yang diterapkan pada Cortez, CVT Almaz masih jauh lebih baik.

Untuk handling, Almaz cukup oke sekali. Dengan bobot besar justeru handling Almaz saya acungi jempol sangat enak untuk diajak berakselerasi di jalanan padat merayap. Body roll Almaz  masih cukup terasa mungkin karena ring roda menggunakan ukuran 17 inchi. Tapi untuk SUV tambun ini bisa dikatakan cukup baik karena material jok yang cukup baik.

Wuling Motor memang sejauh ini belum mengumumkan harga resmi Wuling Almaz baik di Jakarta ataupun Surabaya. Tapi menurut sales promotion Arista yang kami temui kisarannya di bawah Rp350 jutaan.

Spesifikasi Wuling Almaz

Tipe Mesin In-line 4 cylinders, DOHC DVVT with turbocharger
Kapasitas Mesin 1.451 cc
Tenaga Maksimal 140 Hp / 5,200 rpm
Torsi Maksimal 250 Nm / 1,600-3,600 rpm
Jenis Bahan Bakar Bensin
Emisi EURO 4
Transmisi CVT

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here