The Day of Willyz, Pertama Dan Terbesar Di Asia

 

Surabaya, Otomotif1.com – Sebuah perlehatan akbar digelar memanjang dari Kota Surabaya sebagai ibukota Propinsi di Jawa Timur, sampai Puncak Bromo yang mendunia. Sebanyak 200 lebih pengguna Willys akan berkumpul dalam tema “The Day of Willyz” yang diprakarsai oleh Williz Owner Indonesia (WOI), Sabtu-Minggu (5-6/5).

Dengan tagline “Bersatu Bersaudara”, ini adalah sebuah gelaran acara besar, bukan cuma karena jumlah pesertanya yang memang datang dari seluruh penjuru tanah air dengan menggunakan kendaraan General Purpose (GP) atau yang lebih dikenal di masyarakat Indonesia Jip Willys. Kendaraan tempur serba guna yang memang menjadi maskot Perang Dunia II sampai Perang Korea dan Vietnam.

Dalam jumpa pers dihadapan wartawan di Hotel Wyndam, Jl Basuki Rahmat, Kota Surabaya, Nanan Sukarna, yang juga mantan Kapolri dan sekarang menjadi Pembina di Willys Owner Indonesia (WOI) mengatakan, Jip Willy situ sudah ada sejak tahun 1940 an, dan sekarang kami-kami ini yang tidak hidup di tahun 40-an senang naik jip dan kami ingin melestarikan saksi sejarah ini untuk lebih memperkenalkan WIllys kepada masyarakat.

“Nah, lewat The Day of Willys ini teman-teman ingin mengaktifkan kembali atau menghidupkan kembali yang hobi jip ini dalam konteks kegiatan yang bukan hanya menyenangkan diri sendiri semata, tapi juga bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak, khususnya juga membantu program-program pemerintah baik yang bersifat lokal, nasional ataupun international. Karena club Willys ini sangat besar dan ada dimana mana,” ungkap Nanan.

Perlu diketahui Willys mulai dikenal sejak Juni 1940, saat bekecamuk Perang Dunia II. Jip Willys banyak digunakan oleh angkatan darat Amerika Serikat sebagai kendaraan pengintai ringan multi purpose, yang bisa disesuaikan spesifikasinya sesuai dengan yang kehendaki.

“Dan karena itu teman-teman di sini berkumpul dalam wadah baru yang bernama WOI atau Willys Owner Indonesia,” kata Nanan.

“Meski teman teman di sini bergabung dalam WOI, tapi mereka tidak keluar dari club asalnya masing-masing. Jadi kalau umumnya mereka sudah punya club sendiri biasnya American Jeep, yang isinya bermacam-macam merek jip asal Amerika. Nah, di WOI ini khusus mereka yang pengguna Willys saja. Syaratnya mereka tidak boleh keluar dari club sebelumnya,” jelas Nanan.

Lebih jauh Nanan memaparkan, jika WOI ini bukan club dan juga bukan sesuatu yang membawahi club,”Kita di sini hanya komunitas saja, bergabung di WOI ini kegiatanya yang bermanfaat bagi masyarakat dan sekitarnya,” katanya lagi.

The Day of Willyz adalah gathering para pengguna Willys, yang rencananya akan berlangsung di Puncak Bromo. Disana, nantinya akan digelar berbagai macam kegiatan sosial, seperti membangun MCK yang dibuat dari container, pembagian buku-buku sekolah, penanaman pohon dan sebagainya.

Nanan sangat berharap, kegiatan ini akan berlangsung terus dan berharap Indonesia kelak dapat menggelar jambore Willys di dunia, yang akan membawa nama besar Indonesia dan menyerap investasi lewat kunjungan pariwisata.

Saat ini jumlah WOI yang tergabung di group WA sudah ada 220 member, dan rencananya mereka akan turun di acara The Day of Willyz ini.

Konvoi The Day of Willyz akan dimulai dari halaman Mapolda Jawa Timur, sekitar pukul 05.00 WIB pagi dan diharapkan tiba di Puncak Bromo sekitarv pukul 12.00 WIB.

 

 

 

 

 

 

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here