Tips Nyaman Berkendara Bagi Pengemudi Berpostur Pendek

Merasa tidak nyaman saat menyetir karena postur tubuh tidak tinggi? Sangat mengganggu bukan?  Biasanya berupa kaki tidak sampai ke pedal rem mobil atau pedal gas. Tentunya hal ini sangat membahayakan pula.

Atau bisa juga karena posisi jok atau kursi tempat duduk anda kejauhan. Beberapa alasan tersebut menjadi dalah satu penyebab tidak nyamannya seseorang yang mengemudi dengan postur tubuh pendek.

Berikut ini adalah tips nyaman berkendara bagi pengemudi berpostur pendek. Simak penjelasannya!

  1. Carilah Posisi Duduk Yang Nyaman

Agar posisi duduk anda nyaman, anda bisa menggunakan busa di atas jok kursi adan sebagai bahan yang berfungsi untuk meninggikan anda pada saat anda duduk, sehingga anda bisa menjangkau kopling mobil dengan baik.

Selain itu, sebaiknya sobat semua menggeser jok atau kursi tempat duduk ke depan dekat dengan setir power steering sehingga kaki dan tangan anda sampai ke pedal gas dan pedal rem serta tentunya pada setir anda. Banyak pengemudi yang menggunakan cara ini agar posisi duduk mereka nyaman pada saat berkendara, karena hak seperti ini dirasakan hal yang palng efektif untuk dilakukan.

  1. Carilah Posisi Memegang Setir Yang Benar

Jika jok atau kursi tempat duduk anda sudah digeser maju ke depan, maka pastikan posisi saat anda memegang setir kendaraan anda tepat dengan posisi yang nyaman menurut selera anda. Pada umumnya posisi tangan kiri berada di angka jarum jam 9 dan tangan kanan berada di angka jarum jam 2 pada speedometer kendaraan anda.

Tetapi jika anda merasa kalau terlalu kejauhan atau terlalu dekat anda juga bisa mengubahnya ke posisi yang lebih dekat atau lebih jauh sekalipun. Yang penting posisi tangan anda pada saat memegang setir nyaman dan tidak kaku.

  1. Gunakanlah Seatbelt

Karena jok atau kursi tempat duduk anda sudah dimajukan ke depan mendekati setir dan pedal gas atau pedal rem, maka otomatis seatbelt anda juga harus dikencangkan atau dipendekkan agar tidak terlalu longgar pada saat anda pakai.

Pemakaian seatbelt ini adalah suatu keharusan, karena dengan memakai atau menggunakan seatbelt ini, selain anda menjadi nyaman pada saat menyetir, ini juga sebagai salah satu cara agar anda aman pada saa melakukan perjalanan.

  1. Fokus Serta Atur Jarak Aman

Fokuslah selama mengemudi serta mengatur jarak aman anda dari kendaraan yang ada di depan anda. Biasakan jangan terlalu banyak mengobrol bahkan main gadget.

Selain itu, menjaga jarak aman juga merupakan hal yang sangat penting yang harus anda perhatikan. Pada umumnya, jarak aman dengan kendaraan di depan anda adalah berjarak 3 detik dengan kendaraan yang ada di depan anda. Lebih gampangnya, bamper depan mobil anda harus masih bisa anda lihat dari posisi anda duduk. Hal ini berguna pada saat kendaraan di depan anda melakukan rem mendadak agar mobil anda tidak terbentur.

Yang terpenting dari semua hal di atas adalah  budaya atau perilaku anda pada saat berkendara yang perlu anda jaga. Jangan lupa untuk mematuhi semua rambu – rambu lalu lintas.

UPDATE TERBARU

Related news

Tips, Riding Off-Road Bersama Yamaha WR 155 R

Otomotif1.com - Yamaha WR 155 R menjadi pilihan yang pas untuk menemani pecinta adventure Tanah Air. Agar pengalaman berkendara bersama WR 155 R lebih menyenangkan...

Mitsubishi Berbagi Tips, Pengecekan dan Perawatan Ban Mobil untuk Kondisi Optimal

Otomotif1.com – Ban mobil mungkin menjadi salah satu komponen yang sering luput dari pengecekan pengguna. Padahal komponen ini memiliki peran vital pada perjalanan dan...

Mobil Lama Terpakir, Begini Tips Mengganti Oli Mobil untuk Siap Hadapi New Normal Adventure

Otomotif1.com - Memasuki fase transisi di era kehidupan baru dibutuhkan berbagai persiapan baik kesehatan diri sendiri maun kondisi kendaraan yang harus tetap prima untuk...

Ini Dia Penyebab Air Bisa Masuk ke Dalam Lampu Besar Mobil

Otomotif1.com - Sebagai salah fitur penting bagi kendaraan, lampu ibarat mata yang memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara di malam hari, sehingga lampu menjadi...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here