Tips Berkendara Jarak Jauh Bagi Pemula

Bagi anda yang baru- baru ini dapat menyetir mobil dan suatu saat ingin berkendara jarak jauh ataupun keluar kota. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, karena bagaimanapun bagi pemula, umumnya ia tidak terbiasa mengendarai mobil, terlebih jarak jauh. Berkendara jarak jauh tentunya dibutuhkan persiapan khusus agar perjalanan anda nyaman dan juga aman. Hal ini karena perjalanan jauh akan sangat melelahkan, sehingga perlu ketahanan fisik terutama jika anda menggunakan kendaraan pribadi.

Artikel singkat kali ini akan membahas terkait dengan tips-tips berkendara jarak jauh bagi pemula, terutama saat melakukan perjalanan jauh. Untuk itu berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan agar anda dapat dengan nyaman dan aman berkendara jarak jauh.

Memeriksa Kondisi Kendaraan

Memeriksa kendaraan anda, sebelum anda berkendara jarak jauh adalah hal utama yang harus anda lakukan. Karena memastikan kendaraan anda baik-baik saja dalam segala hal adalah kunci berkendara dengan aman dan juga nyaman. Berikut beberapa bagian yang perlu anda periksa sebelum anda melakukan perjalanan jauh :

  1. Oli Mesin

Hal pertama yang harus dicek adalah oli mesin, pastikan terlebih dahulu oli mesin anda berada pada volume yang cukup. Untuk mengeceknya, anda dapat memeriksa level volume oli dengan stik oli. Anda perhatikan batas oli yang menempel pada stik oli tersebut.

Kondisi volume oli yang baik adalah jika berada pada garis tanda L atau F ataupun berada sedikit dibawah level F. Bila kondisi oli mobil berkurang, tambahkan oli secukupnya. Pastikan bahwa batas pemakaian oli mobil anda masih cukup untuk digunakan saat anda melakukan perjalanan jauh.

  1. Air Radiator dan Air Reservoir

Kedua yang harus dicek adalah radiator dan air reservoir. Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan air radiator anda dalam keadaan penuh. Sedangkan air reservoir berada dalam kondisi sampai batas levelnya. Setelah itu periksa pula bagian selang radiator dan selang yang menghubungkan ke reservoir. Perhatikan juga kondisi selang tersebut, bila selang menggelembung ataupun retak, sebaiknya anda ganti dengan segera, agar saat dijalan tidak mengalami kerusakan atau pecah. Terakhir pastikan juga kondisi sambungan selang ke radiator dan mesin rapat, disini agar tidak mengalami kebocoran.

  1. Kipas Pendingin

Yang perlu anda cek selanjutnya adalah kipas pendingin. Apabila kipas pendingin diputar oleh belt, maka anda harus memeriksa kondisi fisik dari belt terlebih dahulu. Bila memang kondisi belt sudah retak, maka sebaiknya anda mengganti belt dengan yang baru. Disamping itu periksa juga ketegangan tension belt, supaya putaran kipas pendingin dapat bekerja optimal. Namun beda lagi jika kipas pendingin diputar oleh motor listrik maka anda perlu memeriksa motor listrik.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan sistem pendinginan dari mesin mobil. Caranya adalah dengan memperhatikan jarum penunjuk temperatur. Bila jarum penunjuk temperatur melebihi garis tengah, itu menandakan kondisi mesin mobil anda masih cukup panas dan aman digunakan, namun jika kondisi jarum melebihi dari setengah, sebaiknya anda berhentikan kendaraan anda dan tunggu hingga kondisi mobil anda dingin. Setelah itu periksa kondisi dari air pendingin dan juga kipas pendingin.

  1. Filter dan Selang Bensin

Hal lain yang perlu anda periksa adalah filter dan selang bensin. Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi dari filter dan juga selang bensin dalam mobil anda dalam keadaan baik. Selang bahan bakar tidak mengalami kebocoran dan keretakan. Pastikan juga kondisi dari filter bensin dalam kondisi yang tidak tersumbat, selain itu pastikan pula filter bensin dalam keadaan bersih.

  1. Timing Belt

Untuk kondisi timing belt, timing belt perlu pergantian yang berdasarkan jarak tempuh yang sudah dilalui dari kendaraan tersebut. Anda dapat mengecek speedometer mobil anda. Bila timing Belt sudah digunakan hingga jarak 50.000 km maka anda harus segera mengganti dengan timing belt yang baru, meski anda tahu pada timing belt tersebut tidak atau belum ada kerusakan sama sekali.

  1. Filter Udara

Sebelum anda bepergian jauh, alangkah lebih baik jika anda membersihkan filter udara pada mobil anda. Penggunaan filter udara didasarkan pada jarak tempuh yang sudah dilalui mobil anda sekitar 10.000 Km.

  1. Aki Mobil

Faktanya, aki mobil merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Karena berkaitan dengan sistem starter kendaraan. Sebelum anda melakukan perjalanan jauh, tidak ada salahnya memeriksa aki mobil anda. Pastikan terlebih dahulu, aki mobil anda bersifat bersih dari kerak dan juga kotoran yang menempel. Periksa juga kondisi level air aki. Bila volume air aki berkurang, maka anda dapat menambahkannya dengan air aki murni. Sebisa mungkin jangan menambahkannya dengan air zuur atau H2SO4.

Baca Juga ( Tips Memilih Aki yang Awet dan Berkualitas )

  1. Rem Mobil

Rem adalah bagian dari keamanan anda dalam berkendara. Tentu saja sebelum melakukab perjalanan jauh, pastikan kondisi rem anda dalam keadaan yang baik, agar anda merasa nyaman dan aman ketika bepergian.

Periksa volume dari oli rem yang ada di reservoir. Bila kondisinya kurang dari batas minimal, maka tentunya akan terjadi kebocoran pada rem mobil anda. Periksa apakah terjadi terjadi kebocoran pad master rem, selang, dan bagian-bagian lainnya. Kondisi kampas rem juga harus diperhatikan. Anda tidak harus mengganti kampas rem dengan yang baru ketika akan melakukan perjalanan jauh, cukup bersihkan kampas rem dari kotoran-kotoran yang melekat. Dan pastikan ketebalan dari kampas rem masih layak untuk digunakan.

Baca Juga ( Penyebab Rem Cakram Seret dan Cara Mengatasinya )

  1. Ban Mobil

Ban mobil adalah komponen yang cukup bekerja keras saat anda melakukan perjalanan jauh, terlebih jika jalan yang anda lalui berliku, berbatu ataupun berlubang. Maka periksalah kondisi ban mobil anda, apakah terdapat benda yang tajam yang menempel sehingga dapat merusak ban mobil anda. Periksa juga kondisi dari tapak ban dan juga tekanan angina. Tekanan angina ban yang normal adalah sekitar 30-34 psi. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kondisi dari ban mobil cadangan anda. Jika ada apa-apa dengan ban mobil anda ketika dijalan, anda dapat langsung menggantinya.

  1. Lampu Mobil

Bicara masalah keamanan, lampu mobil adalah komponen yang cukup penting, terlebih jika dinyalakan pada malam hari. Jangan lupa memastikan semua bagian dari lampu mobil anda berfungsi secara maksimal. Jika memang ada lampu yang mati, segera lakukan pergantian baru.

  1. Wipper Kaca Mobil

Wipper mobil adalah salah satu bagian yang penting, terutama bila anda menggunakannya pada saat kondisi cuaca sedang hujan. Pastikan kondisi wipper mobil dapat bekerja maksimal agar perjalanan anda semakin nyaman.

Pemeriksaan kendaraan dapat anda lakukan sendiri di rumah ataupun di bengkel-bengkel resmi terdekat untuk memastikan kondisi mobil anda dalam keadaan prima, untuk dikendarai selama perjalanan jauh. Selain memeriksa kondisi dari kendaraan yang anda gunakan, terdapat beberapa tips lainnya yang akan sangat membantu anda agar nyaman dan aman ketika melakukan perjalanan jauh.

Baca Juga ( Cara Membersihkan Kaca dengan Aman )

Disamping kendaraan yang perlu anda perhatikan, kondisi fisik juga harus anda perhatikan karena bagaimanapun anda akan melakukan perjalanan jauh, maka dari itu hal-hal dibawah ini perlu anda perhatikan juga :

  1. Istirahat Yang Cukup

Sebelum anda melakukan perjalanan jauh, usahakan anda sudah beristirahat dengan cukup. Dikarenakan istirahat yang cukup akan membuat badan anda tidak akan merasa lemas dan mengantuk ketika mengemudi. Jika saat berkendara, anda merasakan letih dan mengantuk, tentu saja akan sangat berbahaya bagi pengemudi. Jika memang ketika dijalan, anda terlanjur lelah dan mengantuk, singgahlah dulu di rest area terdekat.

  1. Posisi Mengemudi

Hal lain yang sangat mempengaruhi kenyamanan anda dalam mengemudi adalah posisi anda dalam mengemudi. Selama mengemudi, pastikan bahwa posisi anda dalam keadaan nyaman. Jika memang kurang nyaman, anda dapat mengubah posisi jok pengemudi ataupun sandaran punggung dan kepala hingga anda merasa nyaman. Kondisikan juga spion anda agar anda lebih jelas melihat bagian kiri, kanan dan juga belakang mobil anda.

Selain itu,anda juga harus tahu benar cara mengemudikan kendaraan dengan benar. Cara mengemudi mobil yang tepat adalah dengan memperhatikan kondisi dari sekitar mobil anda. Jagalah pengaturan pengereman mobil anda dengan benar, Jangan melakukan pengereman yang mendadak karena hal ini tentu saja sangat berbahaya. Selain itu jaga jarak mobil anda dengan kendaraan yang berada didepan anda. Jang lupa menyalakan lampu sein mobil anda ketika berpindah jalur, namun sebelum itu pastikan untuk melihat terlebih dahulu kondisi dari kendaraan lain yang berada disekitaran mobil anda.

Dan juga usahakan jangan menerima telpon saat berkendara, karena ini akan mengurangi konsentrasi anda dalam berkendara.

 

Nah, itulah tadi tips-tips berkendara jarak jauh, khususnya untuk pemula. Tetap utamakan keselamatan dalam berkendara, karena keluarga menunggu dirumah. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di otomotif1. Semoga bermanfaat. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here