Tips Agar Anda Kuat Menyetir dan Wajib Dipahami

Penyebab kecelakaan terbanyak di Negara kita, mayoritas karena kesalahan pengemudi sendiri seperti misalnya akibat supir yang mengantuk. Mereka mengantuk karena memang banyaknya aktivitas yang mereka lakukan. Apakah anda pernah menyetir disertai rasa mengantuk yang amat sangat? Tentu saja anda harus segera membuang jauh-jauh kebiasaan buruk itu. Karena itu sangat membahayakan kesehatan anda.

Namun penyebab kecelakaan bukan itu saja. Tapi karena supir yang ugal-ugalan sedangkan jalan yang dilewatinya ramai atau mungkin berliku tajam. Lagi-lagi kesalahan supir kan?

Nah, artikel sederhana kali ini akan membahas tips-tips agar anda kuat menyetir, maksudnya kuat disini adalah agar anda tetap fokus menyetir sehingga kecelakaan-kecelakaan yang dimaksudkan diatas dapat terhindarkan.

  1. Pastikan Anda Mengemudi Setelah Beristirahat Sejenak

hellosehat.com

Kualitas istirahat merupakan kunci fokus anda dalam menyetir. Sebelum menyetir khususnya melakukan perjalanan cukup jauh, usahakan anda sudah istirahat sebelumnya. Menjaga kualitas istirahat adalah hal terpenting yang harus dilakukan sebelum menyetir.

Karena dalam kondisi apapun, jika anda kurang istirahat lalu menyetir maka akan sangat membahayakan diri anda sendiri.

Baca Juga ( Tips Mudik Aman dan Nyaman )

  1. Jagalah Stamina Psikis Anda

Jagalah stamina psikis anda, tetap relax dan santai. Mungkin salah satunya dengan mendengarkan music yang membuat anda nyaman saat berkendara.

  1. Hindari Alkohol dan Obat-obatan

Jika anda teliti dalam membaca peraturan minum obat, kadang pasti anda temuka tulisan “Jangan berkendara, setelah mengonsumsi obat ini”. Karena pengaruh obat, terkadang menyebabkan kantuk yang sangat berlebih, tentu saja ini akan sangat membahayakan diri anda sendiri dalam berkendara.

Alkohol juga sama adanya, ia bersifat mengacaukan pikiran, akan sangat mengganggu konsentrasi anda dalam berkendara, hindarilah hal-hal yang sekiranya membuyarkan konsentrasi anda saat akan mengemudi.

  1. Pilihlah Makanan Berprotein Tinggi

Sarapan ataupun memakan makanan dengan protein tinggi akan menambah konsentrasi anda dalam mengemudi, namun jika makanan tersebut dikonsumsi dengan kadar yang cukup, jika dengan kadar berlebihan, maka akan menyebabkan kantuk juga.

  1. Minum Kopi

soulofjakarta.com

Berlaku untuk beberapa orang didunia. Meminum kopi adalah salah satu cara ampuh untuk menahan kantuk dan menambah stamina pada saat akan melakukan perjalanan dan kebetulan kebagian tugas untuk menyetir kendaraan anda. Karena kopi mengandung kafein dan kafein didalamnya bisa membuat mata melek dan juga mencegah rasa kantuk.

Namun perlu anda tahu, jangan meminum kopi saat perut anda kosong, karena ini akan berdampak pada lambung anda. Sebaiknya anda meminum kopi setelah anda mengisi perut anda.

  1. Segeralah Istirahat jika Konsentrasi Anda Sudah Bayar

Banyak sekali rest-rest area dipinggir-pinggir jalan. Jika anda memang merasa sudah lelah atau bahkan mengantuk dan tidak kuat menyetir, anda perlu menepi dan beristirahat sebentar. Jangan memaksakan diri anda. Sayangilah nyawa anda.

Baca Juga ( Tips Melakukan Perjalanan Jauh dengan Mobil )

Nah, itu tadi tips-tips agar kuat menyetir, semoga membantu anda sekalian. Selalu utamakan keselamatan dalam berkendara. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di Otomotif1. Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here