Tips Membeli Mobil Baru Secara Kredit Bagi Pemula

Membeli mobil tidak hanya bisa dilakukan dengan cara cash namun juga dengan cara kredit. Kini setiap sistem pembelian mobil juga sangat dipermudah. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan mobil idaman anda dengan cara pembayaran apapun termasuk menggunakan sistem kredit. Yang dimaksud dengan sistem kredit disini adalah anda membeli mobil tersebut dengan cara mencicil setiap bulannya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Namun dengan cara pembayaran seperti ini tentu anda harus memahami benar apa itu sistem kredit beserta cara-caranya. Anda juga harus extra hati-hati dengan sistem pembayaran kredit, sekalipun anda kredit dari dealer yang sudah anda percayai sekalipun.

Artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai tips membeli mobil baru secara kredit, terutama bagi pemula. Nah berikut tips-tipsnya :

  1. Hitung Kemampuan Finansial Bulanan Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan saat ingin kredit mobil adalah anda hitung-hitung terlebih dahulu finansial atau pemasukan anda setiap bulannya. Point ini sangat penting karena buat apa anda kredit mobil, jika setiap bulannya mungkin anda tidak bisa makan dan kebutuhan lainnya tidak terpenuhi?

Saat awal membeli mobil kredit anda, tentunya anda diharuskan untuk menyiapkan DP (Uang muka). Namun yang lebih penting lagi adalah dengan memperhatikan kebutuhan bulanan anda yang nantinya berkaitan dengan cicilan bulanan dan biaya lainnya seperti perawatan dan asuransi mobil. Untuk itu bagi anda yang ingin mencicil mobil secara kredit, pastikan jika cicilan bulanan anda nantinya tidak melebihi dari 20% pemasukan bulanan anda.

Baca Juga ( Penyebab Harga Mobil Di Indonesia Mahal Dibandingkan Negara-Negara Lainnya )

  1. Memilih Jenis Mobil yang Akan Anda Beli

Setelah anda memperkirakan kemampuan finansial anda, selanjutnya anda harus menentukan terlebih dahulu kebutuhan serta budget yang anda miliki, semuanya harus sudah anda perhitungkan. Untuk mempermudah menyeleksi mobil kebutuhan anda, anda juga bisa membuat list mengenai macam-macam mobil incaran anda. Buatlah list mulai dari kategori mobil, batas maksimum harga, fitur-fitur mobil, dan lain sebagainya. Cara ini akan mempermudah anda nantinya untuk memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Lakukan Survey Terlebih Dahulu

Jika anda menyukai sebuah mobil, jangan langsung membelinya. Sebisa mungkin, lakukan survey terlebih dahulu pada beberapa tempat. Hal ini sangat perlu, karena anda bukan membeli barang seharga 1-2 Juta tapi ratusan juta. Dengan melakukan survey, anda bisa mendapatkan harga mobil yang terbaik dan tentu saja mencegah resiko kerugian didepannya.

Baca Juga ( Pilihan Waktu yang Tepat untuk Membeli Mobil )

  1. Siapkan Uang Muka

Setelah melakukan survey dibanyak dealer dan anda sudah menentukan satu dealer yang menurut anda pas, anda siapkan uang muka atau DP. Uang muka merupakan hal yang sangat penting dalam sistem kredit. Entah anda kredit kendaraan baru maupun bekas.

Pastikan anda sudah menabung sejumlah dana yang nantinya digunakan untuk DP. Jumlah DP yang anda bayarkan nantinya akan berpengaruh pada cicilan bulanan yang anda lakukan. Hal ini lah yang harus dipahami dalam tips membeli mobil baru secara kredit. Meskipun ketentuan untuk DP hanya sekitar 25% saja, namun anda bisa membayarkan uang muka dengan nilai yang lebih besar dari ketentuan. Semakin besar uang muka yang anda berikan, maka akan semakin kecil cicilan bulanan dan bunga yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

  1. Jangan Lupa Nego Untuk Nego Diskon

Tidak ada salahnya cara ini dilakukan. Dengan bernegoisasi masalah diskon, biasanya anda akan mendapatkan penawaran yang cukup menguntungkan dari pihak dealer. Karena memang saat ini banyak sekali dealer-dealer mobil yang memberikan penawaran potongan harga dari harga pembelian awal.

  1. Pahamilah Semua Aturan Dalam Kredit Mobil

Sebelum anda menyepakati sistem kredit mobil dari dealer yang anda pilih, sebaiknya anda perhatikan dan baca baik-baik mengenai ketentuan-ketentuan yang berlaku di dalamnya, pahami semua dan jangan ada yang terlewatkan. Pastikan jika tidak ada yang salah dalam perjanjian tersebut. Sehingga nantinya anda bisa menjalani kredit mobil dengan aman dan nyaman.

Nah, mungkin itu tadi tips membeli mobil baru secara kredit. Tentu anda tidak boleh terburu-buru dalam memutuskan. Lakukan step by step dengan baik dan selamat mencoba.

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here