6 Tips Memilih Aki Mobil Berkualitas dan Awet

Pada komponen kendaraan, aki merupakan salah satu komponen yang cukup vital dalam sebuah mobil. Fungsi aki adalah untuk menyimpan listrik yang nantinya akan disalurkan untuk menyalakan semua komponen listrik yang ada di dalam mobil. Untuk itulah peran aki cukup penting sehingga pemilihannya juga perlu diperhatikan dengan baik.

Apalagi saat ini banyak sekali jenis mobil yang dilengkapi dengan komponen elektronik yang cukup banyak, sehingga peran aki begitu penting dalam menggerakkan starter untuk menghidupkan mesin mobil.

Namun sama halnya dengan komponen listrik lainnya, aki juga memiliki masa pakai dan nantinya tidak dapat bekerja maksimal lagi. Untuk mengatasi hal ini tentu saja solusi yang tepat adalah melakukan penggantian aki yang lama. Nah untuk memutuskan membeli aki yang baru, tentunya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai tips memilih aki mobil yang benar. Simak penjelasannya!

  1. Membeli Di Tempat Yang Terpercaya

Membeli aki mobil disarankan di tempat yang terpercaya, semisal bengkel resmi, toko onderdil mobil, ataupun toko khusus aki. Toko yang baik dan terpercata tentu saja akan memberikan rekomendasi terbai untuk aki mobil yang sesuai dengan kebutuhan dari kendaraan anda. Resiko memilih toko yang tidak terpercaya adalah bisa jadi anda mendapatkan aki rekondisi yang mana dilabeli sebagai barang baru.

Pemiliki juga harus memastikan pula untuk mendapatkan garansi mengenai vitalitas aki yang baru. Jika sistem kelistrikan mobil memang berjalan normal, maka ideal usia penggunaan aki dapat berlangsung 1.5 hingga 2 tahun. Namun jika kurang maka menunjukkan jika terdapat masalah pada aki tersebut. Jangan lupa untuk memilih toko aki yang menawarkan fasilitas antar-jemput. Hal ini penting apalagi kejadian aki yang rusak dapat terjadi kapanpun dan dimanapun.

  1. Pastikan Membeli Aki Mobil yang Sesuai

Pemilihan aki mobil diharuskan sesuai dengan mobil. Pastikan untuk membeli aki mobil yang memang sesuai dengan spesifikasi mobil anda. Mulai dari tipe dan jenis harus sesuai dengan standar bawaan dari mobil anda. Jika pun anda ingin melakukan upgrade , pastikan jika voltage aki harus sama serta kenaikan amper pada aki mobil tidak melebihi dari 15% dari standar ampere mobil anda.

  1. Memilih Aki Basah atau Aki Kering

Ada beberapa jenis-jenis aki, mulai dari aki kering dan aki basah. Aki kering memiliki peforma yang lebih bagus jika dibandingkan dengan aki basah. Namun aki kering memiliki kelemahan pada daya tahannya yang kurang terhadap panas, serta harganya yang sedikit lebih mahal. Namun tentu saja sebandingkan dengan keawetannya yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Jika anda memilih aki basah, maka akan lebih baik untuk mengecek kondisi dari cairan elektrolit yang ada di dalamnya. Pastikan jika volume cairan aki berada diantara batas maksimum dan minimum.

  1. Perhatikan Kapasitas Aki

Pemilik juga disarankan untuk tidak lupa memperhatikan kapasitas aki mobil tersebut, baik aki basah maupun kering memiliki kapasitas dan ukurannya masing-masing. Ketika anda membeli aki mobil yang baru, maka pastikan untuk mengecek ukuran, dimensi, ampere, dan tegangan yang dimiliki aki tersebut. Pastikan sudah sesuai dengan standar yang dimiliki mobil anda.

Agar mendapatkan aki yang lebih awet dan tidak mudah soak, akan lebih baik untuk tidak memilih aki dengan tegangan yang lebih besar dibandingkan standar mobil anda. Memilih aki yang bertegangan lebih besar akan menimbulkan kerusakan komponen kelistrikan dalam mobil anda.

  1. Pertimbangkan Merk Aki Mobil Yang Akan Dipilih

Ada banyak aki yang berkualitas di pasaran yang dapat anda pilih untuk mobil anda. Namun, akan lebih baik untuk memilih merk-merk aki yang memang sudah terpercaya di pasaran. Ada beberapa merk aki mulai dari Amaron, GS, Yuasa, Delkor, dan masih banyak lainnya.  Merk-merk ini dapat anda pertimbangkan karena memiliki kualitas dan keawetan yang terpercaya.

  1. Hindari Membeli Aki Rekondisi

Hal yang paling penting dalam memilih aki mobil adalah pastikan untuk tidak membeli aki rekondisi atau bekas. Aki rekondisi hanya akan menyebabkan masalah pada mobil anda yang pastinya merugikan ke depannya. Mungkin anda tidak ingin membeli aki bekas, namun terkadang ada beberapa penjual yang menipu dengan menjual aki rekondisi sebagai aki yang baru.

Nah, itu tadi tips memilih aki yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca! Salam otomotif!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here