5 Cara Merawat Ban Mobil agar Awet Digunakan

Ban mobil merupakan komponen yang terpenting dalam mobil. Sebab ban mobil yang langsung bersentuhan langsung dengan gerak mobil itu sendiri. Sehingga penting rasanya untuk merawat ban mobil agar usia pakainya lebih awet dan maksimal saat dikendarai. Jika ban mobil bermasalah maka tentu saja akan ada gangguan-gangguan yang muncul ketika mengendarai mobil. Salah satunya yang sering terjadi adalah kerusakan ban mobil dapat menjadi  penyebab mobil goyang saat jalan. Jika dibiarkan terus menerus maka tentu saja akan membahayakan. Berikut ini cara merawat ban mobil agar lebih tahan lama digunakan:

  1. Pastikan Tekanan Angin Ban Pas

Memeriksa dan memastikan jika tekanan angin ban mobil anda pas adalah hal yang harus anda lakukan agar ban terawat. Tekanan angin yang kurang atau berlebih dapat membuat mobil bergoyang. Sehingga pastikan jika tekanan angin sesuai dengan panduan yang sudah direkomendasikan. Jika tekanan angin terlalu rendah, maka menyebabkan gesekan antara ban mobil dan jalan semakin besar. Hal ini tentunya akan mempengaruhi usia pakai ban mobil dan menyebabkan ban menjadi lebih cepat pecah dan rusak. Sedangkan jika tekanan angin berlebihan akan menyebabkan ban menjadi lebih licin dan mudah terpeleset saat bergesekan dengan jalan. Sehingga penting untuk memastikan tekanan angin pada ban mobil selalu pas.

  1. Lakukan Rotasi Ban

Kemudian, anda dapat melakukan rotasi atau perpindahan pada ban mobil. Anda bisa mencoba menukar posisi ban mobil secara berkala sesuai dengan kondisi keausan ban mobil. Untuk ban mobil yang berada di bagian depan tentunya akan sering terkena gesekan dari komponen utama rem dan gesekan lainnya ketika berbelok. Sedangkan untuk ban bagian belakang memang hanya mengikuti jalannya mobil dan menerima gesekan yang sangat minim. Sehingga rutinlah menukar posisi ban, antara ban belakang dan depan setiap menempuh jarak 5.000 m.

  1. Perhatikan Barang Bawaan Anda

Banyak pemilik mobil yang tidak mengetahui hubungan antara beban yang dibawa mobil dengan kondisi ban mobil. Jika mobil semakin berat maka akan menyebabkan beban yang ditanggung oleh keempat ban juga semakin berat. Jika dilakukan secara terus menerus maka akan menyebabkan gesekan ban menjadi lebih berat dan dapat merusak ban mobil. Sehingga kurangi barang bawaan anda, jika memang tidak diperlukan akan lebih baik jika ditinggal di rumah saja.

  1. Periksa Kondisi Ban Secara Rutin

Memeriksa kondisi ban mobil secara rutin juga dapat dilakukan untuk merawat ban mobil anda. Jika memang kotor dan penuh lumpur serta kotoran lainnya, maka akan lebih baik jika segera dibersihkan. Tanpa disadari, terkadang kotoran-kotoran tersebut bisa menyebabkan gaya gesekan semakin kuat dan pastinya membahayakan. Sehingga, penting untuk merawat dan membersihkan ban mobil secara berkala.

  1. Periksa ke Bengkel Secara Rutin

Meskipun anda sudah melakukan perawatan ban secara rutin, namun tidak ada salahnya jika anda juga membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan secara rutin. Di bengkel tentu nya memiliki peralatan yang cukup lengkap dengan teknisi yang handal, sehingga kondisi ban mobil bisa diperiksa lebih lanjut.

Demikian tips merawat ban mobil yang dapt anda lakukan. Semoga dengan ini, anda akan mengerti dan mulai memperhatikan ban mobil anda dengan baik. Salam otomotif!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here