Tips Merawat Jok Mobil Paling Mudah dan Lengkap

Jok merupakan salah satu komponen pendukung kenyamanan penumpang didalamnya. Tentu saja hal tersebut membuatnya membutuhkan perawatan yang rutin dan perawatan yang tepat. Sehingga kondisinya tetap dalam keadaan baik dan nyaman bagi penumpangnya. Untuk itu anda perlu mengetahui apa saja tips merawat jok mobil yang bisa anda lakukan dengan mudah.

Tips Merawat Jok Mobil

Perawatan jok tidak bisa dilakukan dengan asal apalagi sembarangan, karena setiap jok tentu saja memiliki jenis perawatan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, tergantung jenis bahan jok tersebut. Berikut tips merawat jok mobil sesuai dengan jenis bahan jok tersebut:

  1. Jok Kulit Asli (Original Leather)

Jok jenis ini sangatlah sensitif. Jangan biarkan jok mobil jenis ini sampai terkena noda seperti bekas makanan, minuman, minyak atau yang sejenisnya. Karena walaupun tergolong noda yang tidak begitu bandel akan sudah menghilangkannya dari jok. Tetapi jika sudah terlanjur terjadi, segerlah untuk membersihkannya.

Semakin lama anda membiarkan noda tersebut menempel di jok, maka anda akan semakin sulit untuk membersihkannya. Untuk membersihkan jok mobil jenis ini, anda bisa menggunkakan lap kering, plas chamois, vacum cleaner, dan sikat.

Bila anda menginginkan hasil yang bersihnya maksimal, maka anda bisa menggunakan cairan pembesih yang memang dikhususkan untuk pembersih jok jenis kulit tersebut. Sedangkan vacuum cleaner digunakan untuk menjangkau bagian jok yang sulit dijangkau. Setelah itu anda bisa mengusap jok dengan menggunakan plas chamois yang dibasahi sedikit.

Gunakan obat pembersih secara bertahap pada area yang sedang anda kerjakan joknya. Hindari menuangkan pembersih secara langsung kepermukaan jok yang belum dikerjakan, karena akan mengakibatkan flek pada permukaan kulit. Sikatlah degan perlahan dengan posisi satu arah, dan segera lap dengan lap yang kering.

Sebaiknya, anda melakukan perawatan ini 2 bulan sekali. Selain itu menjaga kelembaban jok kulit, anda juga bisa menggunakan conditioner khusus untuk jok kulit setidaknya 2-3 bulan sekali. Selain itu, perawatan lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak memarkirkan kendaraan terlalu lama dan terkena sinar maathari secara langsung. Sebaiknya gunakan Sunvisor untuk melindungi kendaraan anda.

  1. Jok Semi Kulit (Synthetic Leather)

Jok dengan berbahan dasar semi kulit ini sangat cepat rusak bila anda membersihkannya dengan cara yang tidak tepat. Saat anda akan membersihkan noda yang menempel pada jok, anda bisa menggunakan pembersih jok khusus untuk jok yang berbahan semi kulit. Namun, pembersih jenis ini masih jarang ditemukan di toko-toko perlengkapan otomotif.

Jika anda kesulitan menemukan pembersih jenis ini, anda dapat menggunakan pembersih kaca atauoun shampoo. Tetapi jangan sekali-kali menggunkaan deterjaen ataupun alkohol karena pembersih jenis ini  dapat merusak jok mobil anda.

Jika noda yang menempel hanyalah noda yang tidak begitu parah, misalnya tinta, anda cukup membersihkannya dengan lap kain yang sudah dibasahi dan gosokkan secara perlahan apda permukaan jok anda tersebut. Jika tinta sudah mengering maka kemungkinan nodanya tidak akan bisa dihilangkan.

Kemudian, sama seperti jenis jok berbahan kulit diatas, hindarilah memarkirkan kendaraan yang lokasinya langsung terkena sinar matahari. Apalagi jika anda terlalu lama memarkirkannya, akan membuat jok anda menjadi retak-retak.

Sebaiknya carilah tempat yang teduh dan tidak terlalu panas. Dan jangan lupa untuk memberi obat pembersih khusus jok berbahan semi kulit paling tidak 2 bulan sekali, agar jok anda awet dan tentunya nyaman bagi penghuninya.

  1. Jok Beludru

Perawatan jok jenis ini hanyalah diperlukan pembersihan jok secara rutin. Peralatan yang digunakan adalah sepereti vacuum cleaner, sikat,lap dan cairan pembersih khusus untuk jenis jok berbahan beludru. Sama seperti jok lainnya gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sudut-sudut jok yang tidak terjangkau.

  • Semprotkan pembersih khusus ke permukaan jok yang akan dibersihkan, kemudian sikat dengan posisi searah dan secara perlahan.
  • Setelah anda merasa bersih, segerlah dilap dengan lap yang kering untuk membantu mengeringkannya, karena jika dalam keadaan lembab dalam waktu yang lama bisa saja akan berpotensi jok jamauran.

Namun, agar jok benar-benar kering sebelum anda gunakan, anda bisa melepas jok tersebut kemudian menjemurnya langsung di luar mobil, namun jangan langsung dibawah sinar matahari. Atau anda bisa membuka pintu mobil dengan lebar-lebar sehingga jok benar-benar kering dan suasana mobil anda terasa nyaman dan tidak menimbulkan bau yang lembab atau tidak sedap.

Selain melakukan hal di atas, jagalah kebersihan interior mobil anda dari segala kemungkinan yang menyebabkan aroma tidak sedap. Misalnya meninggalkan makanan (berpotensi busuk) dalam waktu lama di mobil. Karena selain akan menimbulkan bau yang tidak sedap akan berpotensi menyebarkan jamur dalam mobil anda. Jika hal ini sudah terjadi kemungkinan jika ataupun karpet mobil anda akan bisa rusak lebih cepat dari pada waktu yang seharusnya.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -