7 Tips Mobil Anti Maling paling Bagus

Pencurian mobil kerap terjadi meskipun hukuman penjara diberlakukan bagi setiap pelakunya. Tak jarang, berbagai upaya dijalankan para pelaku pencurian untuk mengelabui pemilik mobil. Semakin hari semakin banyak modus yang dijalankan guna melakukan kejahatan tersebut. Maraknya kasus pencurian tentunya membuat anda khawatir. Pemilik mobil dituntut agar tetap waspada agar hal tersebut tidak dapat terjadi.

Meskipun saat ini pada beberapa mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang canggih, tetap saja hal tersebut tidak membuat pemilik mobil merasa tenang. Untuk memberikan rasa aman kepada pemilik mobil, saat ini telah dikembangkan berbagai alat pengaman mobil yang dapat digunakan untuk mengamankan mobil anda dari tangan-tangan pencuri.

Berikut beberapa alat pengaman mobil yang direkomendasikan:

1. Kunci Setir

Kunci setir merupakan salah satu jenis pengaman mobil terbaik. Kunci setir berfungsi sebagai pengunci pergerakan kemudi mobil anda. Kunci setir akan dipasangkan pada bagian setir mobil dengan mengkaitkan setir mobil dengan salah satu komponen dari rem, kopling, ataupun pun sehingga membuat mobil tidak bisa bergerak. Banyak model kunci setir yang saat ini beredar di pasaran. Ada yang mencengkram setir, ada yang diganjal pada dashboard, dan ada pula yang dikaitkan dengan gas atau kopling.

Selain kunci setir, kunci tuas persneling juga dapat dimasukkan dalam jenis pengaman mobil, Alat ini dipasang mengelilingi tuas persneling sehingga tuas tidak dapat digerakkan. Kunci jenis tersebut dijual sekitar Rp. 600.000. Ada beberapa jenis kunci setir yang dapat anda gunakan pada mobil:

  • Hipowerlock

Jenis kunci setir ini menawarkan sistem penguncian secara sederhana dan praktis namun tetap memiliki kualitas yang baik. Anda dapat memasangnya dengan mudah. Cukup pasangkan kunci setir di posisi lingkar kemudi jenis.

  • Hipowelock alarm

Jenis hipowerlock ini memiliki fasilitas tambahan yaitu alarm. Sehingga alarm akan berbunyi ketika sistem penguncian bekerja. Namun hanya saja jenis hipowerlock ini sedikit sulit dalam hal pemasangannya.

  • Yale

Alat pengaman ini merupakan jenis gembok yang dibuat khusus untuk mengamankan setir mobil. Bentuk yale lebih solid dengan perpaduan warna hitam dan kuning yang menunjukkan posisi setir mobil dalam keadaan yang terkunci atau tidak.

  • Hipowerlok lock heavy

Jenis hipowerlok ini terdapat dua sistem penguncian didalamnya dengan model yang sedikit memanjang. Material hipowerlok lock memanfaatkan stainless steel dan memiliki desain yang cukup bagus.

2. Kunci Roda

Kunci roda biasa juga disebut sebagai spanner. Alat ini merupakan pengaman mobil yang berbahan dasar baja dan memiliki tekstur yang cukup keras serta berlapis chrom atau nikel. Terdapat berbagai macam jenis kunci atau spanner yaitu:

  • Kunci ring
  • Kunci pas
  • Kunci soket
  • Kunci L
  • Kunci pipa
  • Kunci bintang
  • Tracker
  • Kunci roda
  • Dan masih banyak lainnya

Kunci roda merupakan salah satu alat pengaman mobil yang dapat menjadi pilihan anda untuk mengamankan mobil anda. Kunci tersebut biasanya terpadang pada roda mobil anda. Alat ini memiliki fungsi untuk membuka baut dan menempatkan tutup roda kembali. Cara kerja dari kunci roda ini adalah mengaitkan velg mobil sehingga mobil tidak bisa bergerak sehingga hal tersebut dapat meminimalisir pencurian terhadap mobil.

3. Alarm

Salah satu keunggulan alarm adalah benda tersebut akan berbunyi sebagai tanda peringatan apabila terjadi gangguan pada mobil. Banyak tanda yang biasa diberikan oleh alarm seperti ketika anda sedang memarkirkan mobil anda. Ada semacam sinyal dari sein atau lampu kecil yang nantinya memberi sinyal GSM bila menggunakan telepon bila alarm yang digunakan bermodel GSM.

Alarm dapat anda jadikan sebagai tambahan alat pengaman karena fungsinya yang dapat menyampaikan sinyal bahaya secara langsung sehingga anda sebagai pemilik kendaraan dapat mengantisipasi berbagai hal yang akan terjadi. Sebaiknya, alarm juga disambungkan dengan speaker dalam mobil sehingga apabila kabel klakson terputus, alarm masih dapat berbunyi.

4. Immobilizer

Selanjutnya, terdapat alat pengaman mobil yang bekerja dengan sistem pengaman yang ditempatkan pada mobil. Beberapa mobil keluaran terbaru sudah melengkapi produk mobil nya dengan fitur ini. Cara kerja alat pengaman ini adalah dengan mencocokkan kode pada kunci dengan kode pada perangkat mobil. Bila kode yang dimasukkan ternyata tidak sama maka mobil tidak bisa dinyalakan.

Alat pengaman ini bisa anda jadikan pilihan sebagai alat pengaman mobil anda. Namun yang perlu anda perhatikan adalah pastikan terlebih dahulu bahwa kendaraan mobil anda sudah dilengkapi dengan sistem kontrol elektronik. Untuk satu set immobilizer biasanya dijual seharga Rp. 500.000.

5. Pelacak GPS

Global positioning system (GPS) merupakan salah satu alat pengaman yang dapat anda terapkan pada mobil dengan menggunakan sistem satelit GPS dan GSM atau GPR. Cara kerja dari alat pengaman ini adalah dengan mengirimkan data berupa koordinat dimana posisi mobil anda. Walaupun pencuri mobil bisa tetap masuk dan membawa kabur mobil anda, namun GPS di dalam mobil akan terus memancarkan sinyal ke satelit sehingga posisi mobil anda dapat ditemukan dengan mudah. Selain itu terdapat beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dari penggunaan GPS sebagai alat pengaman, yaitu:

  • memberi kemudahan bagi anda untuk mengatur jadwal waktu operasional kendaraan anda
  • anda dapat lebih mudah memantau dan melacak posisi mobil anda (real time)
  • mencegah penyalahgunaan kendaraan
  • dapat meningkatkan keamanan kendaraan dari tangan pencuri
  • dan masih banyak lainnya

Adapun cara kerja dari alat pengaman GPS adalah sebagai berikut:

  • Perangkat GPS diaktifkan pada simcard GSM dan kemudian dikoneksikan pada sever web tracking. Setelah itu pasang GPS pada area mobil anda
  • Setelah perangkat GPS aktif kemudian anda dapat mengkoneksikannya langsung ke server web tracking
  • Untuk mengoperasikan GPS tracker dapat  melalui Handphone, Tablet, atau Laptop yang telah dikonesikan dengan aplikasi web tracking. Setelah itu masukkan nama pengguna dan password yang anda gunakan .
  • Setelah terkoneksi ,anda akan melihat di layar gadgetanada posisi kendaraan anda yang telah dipasang GPS tracker

6. Chip kontak

Chip Kontak merupakan alat pangaman yang  sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih. Alat pengaman ini menggunakan sistem sensor sebagai cara kerjanya. Sensor chip yang terpasang pada mobil hanya mampu dibaca di kunci kontak mobil. Sensor chip ini dapat anda pasang pada kap mobil anda sehingga apabila kap mobil anda terbuka maka alarm pada mobil anda akan langsung berbunyi.

Terdapat beberapa jenis sensor yang biasa digunakan sebagai alat pengaman antara lain adalah sensor bayangan dan sensor getar. Pada umumnya banyak orang yang memakai sensor bayangan daripada sensor getar karena jenis sensor ini dapat memicu alarm mobil anda berbunyi meskipun hanya dengan getaran halus saja. Sehingga dapat memberikan pertanda (bunyi alarm) yang lebih cepat ketika terdapat gangguan pada mobil anda.

7. Sling

Saat ini banyak rantai-rantai yang dijual dengan kualitas yang buruk sehingga bila anda memakainya maka akan sangat gampang bagi para pencuri mobil untuk memutuskan rantai tersebut. Anda dapat menggunakan sling sebagai ganti rantai mobil anda. Sling atau biasa disebut kawat baja merupakan alat yang dapat digunakan sebagai alat pengaman mobil yang terbuat dari  kawat baja sehingga akan sangat susah untuk diputuskan. Terlebih lagi bila alat pengaman ini dikombinasikan dengan gembok hardened yang berukuran besar dan memiliki pen gait pendek. Sehingga hal ini akan mempersulit pencuri mobil apabila ingin memutusnya dengan menggunakan gunting gembok.

Gembok yang dapat dipakai biasanya digunakan pada mobil-mobil box. Selain itu untuk menambah tingkat keamanan mobil, anda dapat mengganti  kaca mobil anda dengan jenis kaca mobil yang anti pecah sehingga dapat meminimalisir kemungkinan pencurian mobil.

Nah, itu tadi tips mobil agar terhindar dari maling atau tangan-tangan usil. Semoga anda sebagai pemilik mobil semakin waspada dan memperhatikan pengamanan mobil anda. Salam otomotif!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here