Tips Agar Mobil Hemat BBM yang Paling Mudah Dilakukan

Dengan pemakaian bahan bakar mobil yang irit, tentu anda dapat menghemat pengeluaran dan mengalokasikan dana anda untuk kepentingan yang lainnya.

Kebanyakan mobil-mobil saat ini memang sudah didukung dengan sistem pembakaran yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar mobil. Namun sebenarnya selain dari sistem pembakaran, anda juga bisa menghemat konsumsi BBM mobil anda dengan teknik mengemudi yang baik.

Artikel sederhana kali ini akan membahas mengenai tips-tips yang perlu anda lakukan, agar mobil anda lebih hemat BBM :

  1. Menginjak Pedal Gas dengan Perlahan

Cara pertama yang bisa anda lakukan dalam menghemat bbm adalah Menginjak Pedal Gas dengan Perlahan ketika mengendarai mobil. Karena semakin besar terbukanya katup gas, maka akan menyebabkan bahan bakar yang dikonsumsi semakin banyak. Saat menginjak gas spontan dan penuh, maka mobil akan membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Sehingga hal inilah yang menjadi borosnya kebutuhan bahan bakar pada mobil anda.

Jadi, biasakan untuk tidak menarik atau menginjak pedal gas mobil sesuka hati. Injak atau tarik pedal gas dengan stabil dan juga lembut. Usahakan ketika berakselerasi, dari diam hingga ke kecepatan yang diinginkan, pastikan untuk menggunakan posisi gear yang baik dan tepat. untuk mobil, cobalah untuk mengganti posisi gear ketika berada di putaran mesin 2.000-2.5000 rpm.

  1. Atur Kecepatan Agar Tetap Stabil

Cara kedua adalah memposisikan kecepatan berkendara anda, agar tetap stabil. Misalnya saja saat anda berada dijalanan perkotaan, anda dapat mengatur kecepatan agar mobil stabil pada kecepatan 40-60 Km/Jam. Sedangkan untuk berkendara dijalan bebas hambatan, anda bisa mencoba melaju dikecepatan maksimal 80 Km/Jam. Jika anda memang ingin melakukan deselerasi, maka turunkan gear ketika putaran mesin berada dalam posisi rendah. Jika anda menurunkan gear saat posisi putaran mesin terlalu tinggi, maka akan menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin tinggi.

  1. Ketika Macet Panjang, lebih baik Matikan Mesin

Cara sederhana ini perlu anda lakukan, terlebih jika anda dihadapkan pada situasi macet yang amat panjang, khususnya diperkotaan. Cara ini tentu dapat menghemat bbm.

Baca Juga ( Tips Mengendarai Mobil Saat Macet dan Panas )

  1. Berhati-hati saat berada di Jalanan

Berhati-hatilah saat mengemudi dan usahakan stabil. Karena jika terjadi perubahan kecepatan secara tiba-tiba maka akan juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Selalu berhati-hati saat berkendara. Jangan sampai terhadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pengereman mendadak.

  1. Jaga Intensitas Injakan Rem

Penggunaan rem yang tidak benar, faktanya dapat membuat mobil anda boros dalam pemakaian bahan bakarnya. Jadi Usahakan untuk tidak menekan rem mobil secara terus menerus, kecuali jika ada kebutuhan mendadak seperti kendaraan yang tiba-tiba muncul di depan mobil anda. Sehingga hindari penggunaan mobil yang stop and go karena dapat membuat boros bahan bakar kendaraan anda.

Baca Juga ( Penyebab Rem Tromol Macet yang Perlu Diketahui )

Nah, itulah tadi beberaoa tipas agar mobil anda lebih hemat bbm. Hemat bbm bukan hanya berasal dari mobil yang kita kendarai tapi juga bagaimana kita mengendarainya. Selamat mencoba.

                     

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here