Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi dengan Aman dan Nyaman

Mudik banyak dilakukan oleh para keluarga, khusunya pada saat hari-hari besar seperti idul fitri, idul adha dan lain sebagainya. Mudik pun harus dipastikan keamanannya, terlebih saat anda menggunakan mobil pribadi. Tentunya diperlukan langkah-langkah antisipasi untuk keamanan dan juga kenyamanan anda dijalan saat mudik.

Artikel sederhana ini akan membahas tuntas 32 tips mudik menggunakan mobil pribadi yang aman dan juga nyaman. Tidak ada salahnya anda menyimak artikel ini serta menerapkannya saat anda akan mudik nantinya.

  1. Penggantian Oli Rem dan Oli Mesin

Rem dan mesin adalah komponen penting dalam keamanan berkendara. Sebisa mungkin, ganti oli rem dan oli mesin secara berkala, ini dilakukan agar sistem rem dapat bekerja secara optimal dan juga ganti oli mesin jika dirasa terjadi kebocoran.

  1. Pengecekan Busi pada Mesin Mobil

Setiap tahun sekali, usahakan juga untuk mengganti busi mobil anda. Ini dilakukan agar pembakaran bahan bakar menjadi lebih optimal, sehingga anda lebih mudah menyalakan mesin mobil. Karena jika busi mobil bermasalah, maka pembakaran tidak akan optimal lagi dan membuat mobil tersendat-sendat.

  1. Periksa Komponen AC Mobil

Jangan lupa memeriksa kondisi Freon AC pada indicator tabungnya dan juga membersihkan saringan udara AC karena saringan udara pada AC yang paling mudah kotor, ini membuat AC tidak dingin lagi. Bersihkan saringan AC secara berkala, agar AC senantiasa bekerja secara optimal.

  1. Periksa Timing Belt

Periksa juga timing belt pada mesin, apakah masih bagus atau sudah aus. Karena fungsi dari timing belt ini sendiri adalah memutar camshaft atau disebut noken as yang berperan untuk membuka dan menutup valve atau klep pada ruang pembakaran dengan tepat timingnya.

  1. Periksa Tekanan Ban Mobil

http://www.cangcut.net

Supaya mobil lebih stabil, cek tekanan angina pada ban dan kaki-kakinya. Periksa juga kondisi ban cadangan dan peralatan pendukung untuk dibawa seperti kunci pas, kunci inggris, dongkrak segitiga, pengaman dan lain sebagainya. Maka jika terjadi kebocoran, anda tidak perlu khawatir.

  1. Cek Filter Fuel dan Wiper

Apakah mesin anda sering tersendat-sendat? Ini bisa saja terjadi karena anda jarang memeriksa dan membersihkan filter fuel. Maka mulai sekarang, sebaiknya anda secara rutin membersihkan filter fuel. Wiper juga perlu diperhatikan, karet-karet pada jendela dan pintu apakah masih bagus atau sudah aus, ini dilakukan supaya tidak terjadi suara decitan dan juga mengantisipasi agar tidak terjadi kebocoran saat hujan dalam perjalanan anda.

  1. Persiapan Budget Keuangan

www.zahironline.com

Budget keungan sangat perlu diperhatikan. Anda juga harus mengantisipasinya, jikalau bensin habis, mungkin ban bocor atau perlu diisi angina saat dijalan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

  1. Persiapkan Stamina Tubuh

Saat esok hari anda ingin melakukan perjalanan jauh, jangan lupa siapkan stamina anda dengan baik, seperti jangan tidur larut malam, makan yang cukup, mempersiapkan stok obat-obatan. Ini semua sangat penting dilakukan demi keamanan dan kenyamanan anda saat berkendara.

(Baca Juga Cara Memelihara Eksterior dan Interior)

Adapula tips-tips lain yang tak kalah penting dan harus anda perhatikan, seperti :

  1. Kuras air radiator dan anti air radiator dengan coolent, jika terjadi sumbatan pada kisi-kisi segeralah bersihkan
  2. Lakukan pengecekan pada aki mobil dan lakukan pengecekan aki jika dirasa power aki anda melemah.
  3. Periksa juga fungsi lampu utama, belakang dan lampu sein apakah dapat menyala dengan baik atau tidak
  4. Periksa juga alarm mobil, ia dapat berfungsi dengan baik atau tidak
  5. Cek kembali kampas rem, kompas kopling, break shoes dan lain sebagainya jika memang dirasa sudah aus.
  6. Periksa dan cek sekring-sekring mobil anda. Ganti sekring yang dirasa sudah aus atau rusak
  7. Periksa knalpot anda, jika terjadi kebocoran harap segera diperbaiki supaya tidak menguras bahan bakar pada mobil anda.
  8. Saat masih dirumah, cari tahu lokasi bengkel resmi mobil anda yang berada sesuai tujuan mudik anda, jika suatu saat anda butuhkan
  9. Persiapkan barang bawaan pendukung lainnya seperti powerbank, Hiburan CD, dan lain sebagainya, sebagai pengusir rasa bosan saat berkendara.
  10. Cerdaslah memilih rute alternative, agar anda tidak terjebak macet.
  11. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan atur kecepatan anda dalam berkendara. Supaya anda terhindar dari kecelakaan.
  12. Jangan lupa, gunakan sabuk pengaman anda, ketika mengendarainya, karena ini sangat penting demi keamanan
  13. Jika anda merasa kurang sehat atau sangat lelah, berhentilah pada rest area terdekat
  14. Periksa klakson anda dan pastikan berbunyi
  15. Jangan Membawa barang, lebih dari daya tamping

Baca Juga ( Cara Merawat Mobil Baru dengan Baik dan Benar )

Nah, itu tadi tips mudik menggunakan mobil pribadi. Hal-hal diatas perlu dilakukan demi keamanan dan kenyaman anda dalam berkendara. Persiapkan matang-matang sebelum anda melakukan perjalanan jauh agar anda dan keluarga selamat hingga tujuan. Mengutamakan selamat adalah segalanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here