Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Yang Wajib Diperhatikan

Lebaran akan segera tiba. Bagi anda sekalian yang ingin mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga tercinta, segera persiapkan semuanya, baik tiket, oleh-oleh, barang-barang, kendaraan dan lain sebagainya agar mudik berjalan dengan lancar dan anda pun akan selamat sampai tujuan.

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips-tips perjalanan jauh atau mungkin mudik dengan menggunakan mobil, yang wajib anda ketahui :

  1. Mengecek Kondisi Mobil

Tips pertama saat anda akan melakukan perjalanan jauh, sebaiknya anda mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Kondisi mobil anda sangat menentukan perjalanan jauh yang akan dilakukan. Jangan sampai saat anda ditengah jalan dan jauh dari rumah, mobil anda mengalami mogok parah. Lebih parahnya lagi mobil yang anda kendarai mengalami kecelakaan. Tentu anda tidak mau itu terjadi bukan?

Jadi jangan sampai lupa untuk mengecek kondisi mobil anda, sebelum melakukan perjalanan jauh. Cara mengeceknya yakni dengan melihat batas oli yang menempel pada stik. Batas oli yang aman yaitu menempel di garis antara huruf L dan F. Jika oli dibawah garis L maka tambahkan oli secukupnya. Lalu, cek juga batas waktu kilometer pemakaian oli, supaya oli cukup untuk melakukan perjalanan jauh.

  1. Pastikan Air Radiator, Masih dalam keadaan Baik

Selanjutnya adalah pengecekan pada air reservoir dan juga air radiator. Pastikan air radiator dalam keadaan full dan air reservoir berada pada batas level dan tidak perlu terlalu penuh. Cek juga selang radiator dan selang penghubung menuju reservoir.

Pastikan juga, tidak ada selang yang menggelembung ataupun retak, agar di perjalanan tidak terjadi selang pecah, segeralah ganti selang jika anda menemukan pengganti yang lebih baik. Selain itu, pastikan juga selang yang terpasang pada mesin dan radiator telah terpasang dengan kencang.

  1. Pastikan Bagian Selang Bensin dan Filter Masih Bagus

Tips selanjutnya dalam melakukan perjalanan jauh adalah pastikan selang bensin dalam keadaan tidak bocor atau retak dan filter bahan bakar tidak tersumbat. Bagi yang sering melakukan servis mobil ke bengkel, biasanya filter bahan bakar akan selalu bersih.

  1. Pengecekan Putaran Kipas Pendingin

Selanjutnya adalah lakukan pengecekan pada putaran kipas. Putaran kipas dapat dilakukan dengan belt dan motor listrik. Jika kipas pendingin diputar oleh belt, pastikan belt dalam keadaan baik dan tension belt memberikan putaran yang optimal. Apabila kipas pendingin diputar oleh motor listrik, pastikan motor listrik dalam kondisi yang layak.

Saat berkendara, jangan lupa perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur, apabila jarum melebihi garis yang ada ditengah tandanya mesin dalam keadaan panas tapi itu masih aman, tapi apabila sudah melebihi garis tengah sebaiknya mobil berhenti dulu supaya mesin mobil dingin kembali.

  1. Pengecekan Timing Belt

Saat anda sudah melalui jarak tempuh mencapai 50.000 km, pastikan anda mengganti timing belt anda. Karena pabrik merekomendasikan untuk mengganti timing belt setelah 50.000 km sekali.

  1. Pengecekan Aki Mobil

 

www. Youtube.com

Aki juga merupakan komponen penting yang harus anda cek, sebelum anda melakukan perjalanan jauh. Periksa aki mobil anda dengan mengecek apakah baut kutub terpasang dengan benar, lalu bersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada kutub aki. Setelah itu, periksa level air aki, apakah levelnya memenuhi level cukup atau tidak, bila tidak cukup, kamu bisa menambahkan air aki murni bukan air zuur (H2SO4).

  1. Pengecekan Ban

 

 

Ban juga komponen yang amat bekerja keras, saat anda melakukan perjalanan jauh. Ban mobil harus di cek secara berkala, apakah tekanan angin pada ban sudah 30-34 psi. Selanjutnya anda bisa periksa juga bagian permukaan ban, apakah ban sudah gundul atau belum. Jika ban sudah gundul, maka lakukan penggantian ban. Anda tentu tidak mau kan, ditengah perjalanan anda, mobil yang anda kendarai, bannya bocor atau bahkan terlepas.

Baca Juga (Cara Merawa Ban Mobil Agar Awet Digunakan )

  1. Pengecekan Rem

 

superpolishpremium.com

Anda juga harus mengecek rem mobil anda. Dengan cara memeriksa reservoir apakah minyak rem sudah menyentuh level seharusnya atau tidak, jika kurang berarti ada kemungkinan terjadinya kebocoran. Cek selang dan master rem apakah ada kebocoran atau tidak dan cek juga velg, apakah ada yang basah? Kalau mungkin ya, tandanya adalah terjadi kebocoran silinder roda. Kalau sudah begitu, segera lakukan perbaikan.

  1. Pengecekan Lampu

Lampu adalah komponen sangat penting, terutama saat malam. Maka cek semua lampu, pastikan nyalanya berfungsi secara maksimal. Apabila mungkin ada lampu yang mati atau tidak berfungsi secara maksimal, segera lakukan pergantian dengan lampu yang baru.

Baca Juga ( Tips Merawat Lampu Mobil Anda )

  1. Pengecekan Wipper

Jika hujan, kemungkinan besar anda akan terganggu jika kaca mobil anda terlihat buram dan kotor, maka Cek juga bagian wipper kaca, apakah berfungsi secara maksimal ataukah tidak, supaya saat berkendara dalam keadaan hujan tidak mengalami masalah kaca mobil yang buram sehingga mengganggu perjalanan karena pengendara tidak bisa melihat jalan.

  1. Bawa Toolkit

Jangan lupa juga membawa toolkit, charger mobil, alat navigasi, kotak P3K, kunci setir, kabel jumper, jarigen, pompa penyedot bensin, roof box, tampat sampah dan juga uang receh. Pastilah anda tahu kegunaan masing-masing barang yang disebutkan diatas.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, anda harus memastikan barang-barang yang sudah disebutkan tadi sudah berada didalam mobil. Karena yang namanya perjalanan jauh, akan mengakibatkan banyaknya kemungkinan yang akan terjadi, dan jika terjadi, barang-barang diatas kemungkinan akan sangat berguna. Persiapkan secara maksimal, jauh-jauh, agar tidak ada yang tertinggal.

  1. Pengecekan Barang Bawaan

Anda harus teliti dengan barang-barang bawaan anda. Barang pribadi maupun barang-barang untuk mobil anda.Barang yang perlu dibawa apabila akan melakukan perjalanan jauh antara lain ; Ban serep dan dongkrak. Pastikan ban serep sudah ada di mobil begitu juga dengan dongkraknya. Karena jika ban serep anda bawa namun dongkraknya tertinggal, tentu percuma saja, ban serep juga tidak akan ada gunanya. Begitu pula sebaliknya.

 Baca Juga ( Tips Mudik Aman dan Nyaman )

Itulah tadi kira-kira tips-tips dalam melakukan perjalanan jauh. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian serta semoga perjalanan jauh anda lancar dan selamat sampai tujuan. Terima Kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here