Toyota Hiace Generasi Keenam, Gelar World Premiere di Filipina

Otomotif1.com – Filipina terpilih menjadi negara tempat dimana world premiere Toyota Hiace generasi keenam pada Senin (18/2). Banyak sekali perubahan dari generasi Toyota Hiace yang nampak pada foto yang tersebar di dunia maya, dan sama sekali jauh dari generasi sebelumnya.

Desain eksterior Toyota Hiace generasi keenam, jelas merupakan evolusi dari generasi sebelumnya. Toyota Hiace tampil lebih ramping dan terlihat lebih mewah, berkat lampu depan yang tajam, gril yang lebih elegan, DRL LED, bumper depan yang lebih bersudut dan yang paling penting, desain semi-bonnet.

Interiornya benar-benar baru dan membuat Toyota Hiace terlihat jauh lebih halus, setara dengan standar desain industri terbaru untuk kendaraan jenisnya. Fitur utama termasuk steer kendaraan yang tampil multifungsi dan lebih ringkas, kemudian fitur tampilan informasi dengan desain terbaru dan mewah, sistem infotainment layar sentuh, kontrol jelajah, lampu baca LED dan beberapa port USB.

Toyota Hiace 2019 dibuat dalam dua tipe, yaitu dengan atap normal (standard) danm atap panjang (tinggi). Di bawah ini adalah dimensi eksterior utama mereka bersama dengan perubahan dibandingkan dengan model keluar.

Tipe                            Atap Normal / Standar                        Panjang / Tinggi

Panjang                     5.265 mm [+570 mm]                             5.915 mm [+535 mm]

Lebar                          1.950 mm [+255 mm]                             1.950 mm [+70 mm]

Tinggi                          1.990 mm [+10 mm]                               2.280 mm [-5 mm]

Jarak sumbu roda      3.210 mm [+640 mm]                            3.860 mm [+750 mm]

Sebagai informasi, Toyota membangun Hiace dengan menggunakan platform khusus sebagai kendaraan dengan penumpang cukup banyak. Misalnya saja, Toyota Hiace sudah menggunakan suspensi belakang dengan perdaun yang berukuran 200 mm, lebih panjang dan memberikan kenyamanan saat terjadi guncangan di jalan.

Toyota Hiace juga memiliki radius putar yang telah berkurang menjadi 6,9 meter yang membuatnya lebih mudah saat mengambil parkir pada jalan sempit. Dua peningkatan lagi yang telah dilakukan perusahaan untuk pengemudi adalah sudut belok 45 derajat (+ 7 derajat) dan seperempat kaca depan yang lebih luas.

Di belakang kursi depan, kabin Toyota Hiace 2019 memiliki panjang 2.910 mm, lebar 1.760 mm dan tinggi 1.340 mm dalam versi ‘Van’ (Atap Normal / Standar) dan panjang 3.786 mm, lebar 1.725 mm, dan tinggi 1.545 mm di Versi ‘Komuter’ (Atap Panjang / Tinggi) dan ‘Pariwisata’ (Atap Panjang / Tinggi). Ruang kepala, ruang bahu dan ruang kaki untuk penumpang kursi belakang dalam versi Komuter dan Pariwisata telah meningkat masing-masing sebesar 40 mm, 15 mm dan 166 mm.

Desain semi-kap mesin yang baru berarti bahwa mesin tidak lagi dipasang di atas poros roda depan di Toyota Hiace. Relokasi engine seharusnya meningkatkan kenyamanan, ketenangan, dan keselamatan pengendaraan. Berbicara tentang keselamatan, Toyota telah menjadi produsen mobil pertama yang memasukkan airbag kursi tengah dalam sebuah van utilitas dengan Hiace yang serba baru.

Untuk mesin, Toyota Hiace 2019 menggunakan mesin bensin 7GR 3.5L dan mesin disel 2.8L 1GD. Untuk spesifikasi mesin bensin, sejauh ini memang belum dikeluarkan secara resmi oleh pihak Toyota.

Di Filipina sendiri Toyota Hiace bermesin disel tersedia dalam beberapa versi seperti : 163Ps dengan torsi 420 Nm, 176 Ps dengan torsi 420 dan 176 Ps dengan torsi 450 Nm yang dikawinkan dengan dua percepatan manual 6-speed dan otomotis.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here