Tujuan Tune Up Mobil

Sederhananya, Tune up bisa disebut sebagai service ringan yang dilakukan pada mesin kendaraan sehingga peforma mobil tetap baik dan tidak menurun. Service ini tentunya harus dilakukan karena mobil yang terus menerus digunakan, lama kelamaan akan mengalami penurunan fungsi termasuk mesinnya. Maka dari itu Tune up perlu dilakukan secara rutin oleh setiap pemilik kendaraan.

Pengertian Tune Up Mobil

Tune artinya: menyetel dan up: atas. Jika digabungkan maka tune up merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan, terkait pemeriksaan, penyetelan, pengukuran, perawatan, dan penggantian komponen-komponen yang ada di dalam mobil.

Tujuan Tune Up Mobil

Sedangkan tujuan umum dari dilakukannya tune up mobil adalah agar peforma mesin bisa tetap maksimal. Selain itu ada beberapa tujuan lainnya yang dilakukan dalam proses tune up mobil, antara lain :

  • Memaksimalkan peforma mesin agar tetap optimal
  • Menghindari resiko kerusakan yang lebih parah
  • Memastikan kondisi dari komponen dan semua sistem baik sesuai dengan ada yang di buku manual

Baca Juga ( Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil Secara Umum dan Penjelasannya )

Jika dilakukan Tune up secara rutin, tentu saja performa mobil menjadi lebih baik lagi seperti mobil baru. Selain  itu, tujuan tune up dilakukan agar mesin mobil tetap awet digunakan dan juga terhindar dari resiko kerusakan yang lebih parah lagi. Umumnya, tune up ini dilakukan setiap mobil menempuh jarak 10.000 km. Proses tune up ini biasanya dilakukan pada bagian mesin saja dan tidak sampai pada bagian daya kelistrikan, pemindah daya, dan chasis.

Langkah Tune Up Mobil

Pada dasarnya, tune up dapat dilakukan sendiri dirumah. Namun akan lebih baik jika Tune up tersebut dilakukan di bengkel-bengkel kepercayaan anda. Hal ini karena mobil anda akan ditangani langsung oleh teknisi yang ahli serta peralatannya juga lengkap. Tune up ini dimulai dari memeriksa kondisi busi,  celah katup, karburator, baterai, kabel tegangan tinggi, distributor, sistem pendingin, saringan udara, putaran idle, penyetelan campuran, hingga ke bagian tali kipas. Umumnya sebelum dilakukan tune up, maka mekanik akan melakukan pemanasan mesin mobil untuk mengetahui apakah ada permasalahan lainya pada mobil, misalnya saja suara-suara yang tidak normal, mesin pincang, dan lainnya.

Umumnya, sebelum tune up dilakukan, mekanik akan memanaskan mesin untuk mencari tahu apakah ada permasalahan krusial pada kendaraan anda seperti misalnya mesin pincang, suara tidak normal dan masih banyak lagi. Dalam melakukan pemeriksaan, akan dilakukan pengukuran serta pencocokan menurut standar dari pabrik mobil anda.

Baca Juga ( Sekring Pada Mobil : Fungsi dan Cara Kerjanya )

Nah, mungkin itu tadi tujuan Tune up pada mobil yang perlu dilakukan secara rutin. Semoga infiormasi diatas bermanfaat untuk anda sekalian. Dengan mengetahui tujuan Tune up maka anda tidak ragu lagi jika melakukan ingin melakukan Tune up karena memang tujuannya yang penting. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here