TYCI Gelar Baksos Terhadap Masyarakat Terdampak Covid-19 di Jabodetabek

Jakarta, Otomotif1.com – Epidemi Covid-19 telah banyak menimbulkan empati dari berbagai kalangan, salah satunya adalah komunitas Toyota Yaris yang tergabung dalam Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI).

Himbauan pemerintah untuk tetap menjaga jarak dan tetap berada dirumah atau yang lebih dikenal melalui tagar #DiRumahSaja dan bekerja dari rumah atau #WorkFromHome (#WFH), telah banyak memberikan dampak yang cukup luas ditengah masyarakat khususnya bagi kalangan grass road.

TYCI, merupakan salah satu komunitas mobil dibawah payung binaan Toyota Astra Community (TAC), tampaknya tidak dapat berdiam diri dan berupaya turut menunjukkan emphaty-nya terhadap kondisi sosial dimasyarakat yang sedang terjadi ditengah pandemi Covid-19 ini.

Dalam aksi yang digelar hari Minggu, 26 April 2020 ini, TYCI telah membagikan rasa empati-nya ini dalam bentuk bantuan langsung kepada masyarakat yang terdampak langsung dari pemberlakuan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan penerapan himbauan untuk tetap berada dirumah (#StayAtHome) dan Work From Home (#WFH) diwilayah Jabotabek.

Beberapa titik telah dipilih sebagai lokasi untuk pelaksanaan aksi sosial TYCI ini, diantaranya wilayah Jakarta (Tebet dan Senayan), Kota Bogor, Bekasi dan Kabupaten Tangerang. Setidaknya, sebanyak 240 bungkus paket sembako serta 240 masker telah dibagikan kepada pemulung dan pedagang asongan yang berada disekitar area yang telah ditentukan ini.

Sebelumnya, TYCI telah melakukan penggalangan dana yang dimulai sejak tanggal 27 Maret hingga 20 April 2020 yang lalu. Dana yang terkumpul ini kemudian digunakan untuk membeli kebutuhan sembako dan masker untuk dibagikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan sesuai target yang telah disepakati.

Ketua Umum TYCI, Febi Rosseva, dalam acara tersebut berharap, semoga masyarakat dapat terbantu dengan pembagian sembalo dan masker ini.

“Dengan pemberlakuan masa PSBB dibeberapa wilayah Jabotabek ini, kiranya sudah mulai memberikan dampak pada pendapatan harian warga masyarakat khususnya para pekerja harian dan tuna karya, untuk itu TYCI merasa terpanggil untuk turut aktif membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak ini,” ujarnya.

Selain membagikan 240 sembako, TYCI juga turut membagikan masker sebanyak 240 masker kepada para pemulung dan pedagang asongan dengan tetap memperhatikan himbauan pemerintah untuk tetap menghindari adanya kerumunan massa selama proses pembagian paket sembako dan masker ini berlangsung.

“Kami berupaya untuk tetap menghindari terjadinya kerumunan massa, oleh karena itu mekanisme pembagiannya pun dilakukan dengan cara terpisah-pisah dan member kami pun diwajibkan untuk menghampiri mereka secara langsung sehingga dapat meminimalisir resiko terjadinya kerumunan massa. Dan para member kami yang terlibat untuk membagikan paket sembako dan masker pun melakukannya dengan sangat hati-hati, karena apabila kegiatan ini tidak dilakukan dengan hati-hati dikhawatirkan dapat memancing kerumunan massa yang tidak dikehendaki,” jelas Regi Ezra Putra, Humas TYCI.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari seluruh member khususnya diwilayah Jabodetabek, dan turut diikuti pula oleh beberapa perwakilan member yang berasal dari Area Jakarta Raya, Chapter Bogor, Chapter Tangerang Raya, dan Chapter Bekasi Cikarang.

“Kami pun membatasi jumlah member yang ingin turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini, hingga akhirnya diputuskan hanya perwakilan dari masing-masing wilayah saja yang bisa mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini pada akhirnya hanya mengikutsertakan 12 mobil member sebagai perwakilan yang kemudian terbagi ke beberapa target wilayah seperti yang sudah ditentukan sebelumnya,” lanjut Regi menegaskan.

Dengan diselenggarakannya kegiatan sosial ini, Ketum TYCI, Febi Rosseva juga berharap, dapat memberikan kesan positif kepada seluruh membernya yang saat ini sudah mencapai 3100 member yang tersebar di 22 chapter diseluruh Indonesia sejak berdirinya pada 19 Agustus 2006 yang lalu.

Kepedulian TYCI terhadap kondisi sosial di masyarakat saat ini diharapkan dapat menjadi contoh baik bagi komunitas mobil lainnya, sebagaimana disampaikan oleh Febi lebih lanjut, “TYCI selain tetap menerapkan kampanye Safety Driving dalam setiap kegiatan berkendaranya dengan berpegang kepada semboyan 4S yang diantaranya adalah Smart, Safety, Social, dan Share the Road namun juga menerapkan ‘Share the Emphaty’ kepada kondisi sosial di tengah warga masyarakat sekitar,” pungkas Febi.(*)

Reporter-SonnyWibz

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here