Volkswagen Merestorasi VW Beetle Milik Wanita 73 Tahun, Setelah 5 Dekade Menemaninya

Otomotif1.com – Pada bulan Desember 1966, Kathleen Brooks membeli Volkswagen Beetle pertamanya di Riverside, California, kemudian mobil ini diberi nama Annie. Perjalanan panjang dengan beragam pasang surut cerita dari kisah si kumbang merah dan Brooks ini terangkum penuh inspirasi baik sebagai transportasi harian Brooks maupun sebagai teman sepanjang hidup Brooks.

Dari catatan kilometer yang ada pada VW Betle milik Brooks ini, terpampang sejarah panjang dengan guratan angka 563.270 km dari jarak tempuh lebih dari 51 tahun. Artinya itu sama saja mengelilingi dunia sebanyak 14 kali.

Sayangnya, waktu telah mengikis kecantikan kumbang merah ini, meskipun demikian mobil ini masih tetap setia membawa dan menjadi sahabat Brooks yang kini berusia 73 tahun, baik untuk bekerja ataupun sekadar berjalan-jalan.

Hubungan khusus antara mobil dan pemiliknya ini cukup untuk menarik perhatian Volkswagen’s North American Region. Karena itu, perusahaan ini memutuskan untuk melakukan proyek yang unik yaitu memulihkan Annie agar kembali tampil cantik.

Sebagai bagian dari proses, Annie meninggalkan rumahnya di Riverside dan menuju ke rumah Beetle Amerika Utara di pabrik Volkswagen di Puebla, Meksiko. Selama 11 bulan, tim yang terdiri dari 60 karyawan dan peserta pelatihan bekerja keras untuk membawa kembali kumbang cantik milik Brook ini kespesifikasi kualitas pabrik.

Restorasi besar-besaran pun dimulai oleh tim ini. Mulai dari pergantian dek lantai yang telah berkarat dengan cukup parah, suspensi,transmisi dan sistem kelistrikan mobil ini.

Menurut tim Volkswagen’s North American Region yang melakukan restorasi pada Annie, ada sekitar 40% bagian dari Annie yang diganti,sementara 357 potongan masih tetap asli hanya sekadar diperbaiki, sehingga tetap menjaga keaslian dari mobil legendaris ini.

Tubuh mobil juga menerima sandblasting menyeluruh dan diperbaiki dengan campuran bagian-bagian yang benar dan diperbarui, dan kemudian dipasang kembali. Sementara itu, untuk menangkap kembali cat merah Beetle ketika meninggalkan ruang pamer, tim mengambil sampel bayangan asli dari dalam glovebox.

Pembaharuan pada sistem mekanik juga merupakan bagian darirestorasi, dengan rem cakram menjadi salah satu upgrade. Mesin itu juga benar-benar dibongkar, dibersihkan,diperbarui dan dibangun kembali, sementara kabel itu sepenuhnya redone; transmisi dibangun kembali dan suspensi ditingkatkan.

Pada bagian interiornya, ia menerima stereo AM / FM /Bluetooth yang lebih modern yang dirancang untuk meniru tampilan dan nuansa radio Beetle asli. Sepanjang perjalanan, tim juga menambahkan beberapa sentuhan khusus untuk merayakan kesetiaan abadi yang dimiliki Brooks untuk merek Volkswagen seperti sulaman kustom di kursi yang bertuliskan ‘Kathleen’ dan’Annie’.

“Tujuan dari proyek ini bukan untuk menciptakan Beetle yang ditakdirkan untuk museum, tetapi untuk membawa Annie kembali ke keadaan di mana Brooks bisa mengemudi dan menikmati di sini selama bertahun-tahun ke depan,”ungkap Augusto Zamudio, Manajer Proyek dan Insinyur Mekatronika Volkswagen’sNorth American Region.

Baru-baru ini, Volkswagen of America menyatukan kembali Brooks dan Annie di Meksiko, dan momen ini telah didokumentasikan dalam foto-foto ini yang Anda lihat sebelum Anda.

“Kami sering mendengar cerita tentang pemilik Volkswagen yang berdedikasi, tetapi ada sesuatu yang istimewa tentang Kathleendan Annie yang kami rasa perlu kami hargai,” kata Derrick Hatami, Wakil Presiden Eksekutif Penjualan dan Pemasaran di Volkswagen of America.

“Beetle asli meluncurkan bisnis kami di Amerika Serikat. Inibukan hanya Beetle, itu adalah anggota keluarganya, dan setelah sekian lama karyawan kami menghabiskan waktu dengan kendaraan khusus ini, kami merasa Annie adalah bagian dari keluarga kami juga, ”tambahnya.

Brooks mengatakan selama lebih dari lima dekade, Anniea dalah sahabat saya yang paling setia. Annie selalu ada untuk saya.

“Saya telah mengatakan berkali-kali bahwa dia dan saya sangat mirip karena dia sudah tua, dia memudar, dia beringsut, dia penyok, dia berkarat, tapi kamu tahu apa? Dia terus berlari. Dan selama saya merawatnya sebaik mungkin, dia akan terus berlari, ”kata Brooks.

“Ketika Annie tiba, anggota tim kami dengan cepat memahamihubungan yang Brooks miliki dengan mobilnya dan memeluk proyek ini dengansepenuh hati. Mengembalikan mobil ini menimbulkan sejumlah tantangan, tetapijuga memberikan demonstrasi dedikasi yang kami masukkan ke setiap Volkswagen yang kami bangun,” ungkap Steffen Reiche, CEO Volkswagen of Mexico.

Sebelum berangkat kembali ke Riverside bersama Annie, Brooks menulis surat yang tulus kepada anggota tim Puebla dan ucapan terima kasih kepada mereka atas upaya mereka yang telah untuk merawat Annie dengan baik.

Dan tim ini pun membalas surat kepada Brooks agar Brooks tahu jika mereka juga sanga mencintai si cantik Annie ini, sehingga mereka dengan penuh cinta akan membuat Annie kembali muda.

“Ini adalah kerja cinta bagi kita semua. Sungguh emosional melihat Annie pergi setelah semua waktu yang kami habiskan untuk menggarapnya,tetapi kami senang Brooks dan Annie dapat dipersatukan kembali, ”tambah Reiche.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here