WSSP 300 : Start Dari Posisi 14, Galang Sukses Finish di Posisi 5

 

Imola-Italia, Otomotif1.com – Luar biasa, kata-kata itu pantas disematkan pada the young gun asal Yogyakarta binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama. Aksi heroiknya diajang Worls SuperSport 300 (WSPP) yang berlangsung di Sirkuit Imola, Italia, pada Minggu (13/5) mengundang decak kagum, bukan hanya penggemarnya di Indonesia, tapi juga dunia international.

Bayangkan saja, meski start dari grid ke-14, rider yang saat ini baru genap berusia 19 tahun, sukses mencapai finish ke-5 dalam seri ke-3 WSSP300. Sebenarnya, dari hasil sesi Superpole 2 (SP2), Galang berada di urutan ke-10, namun akibat terkena pinalti banyak pembalap yang menurunkan kecepatan pada racing line saat kualifikasi hingga akhirnya turun di grid ke-14.

Sebagai rider petarung, hal ini justru menjadi motivasi Galang untuk bisa mengukir prestasi lebih baik dari seri sebelumnya (Assen Belanda). Hal ini dibuktikan Galang ketika lampu start menyala, Galang langsung merangsek dan menembus deretan 10 besar. Bahkan pada ke-7 sudah masuk di urutan ke-7

Dengan modal skill riding yang semakin matang, dan jiwa pantang menyerah Galang yang pernah meraih podium juara dalam WSSP300 Jerez (2017), tanpa kenal lelah berjuang ekstra keras untuk memperbaiki peringkatnya.

Dilima lap terakhir, Galang bahkan sempat berada di posisi-4, setelah melalui dua pembalap lainnya Borja Sanchez (Spanyol) dan Luca Grunwald (German).

Balapan semakin seru dan ketat di lap terakhir. Ada tujuh rider yang tampil ngotot untuk tetap berada di dalam 5 besar. Dalam hal ini hanya ada dua pembalap yang menggunakan motor Yamaha YZF-R3 yaitu, Galang Hendra dan Kevin Sabatuci. Sampai akhirnya, Galang berhasil finish ke-5 dalam 11 lap di Sirkuit Imola yang memiliki panjang 4,9 km.

Sebagai informasi, bahwa pemenang WSSP 300 Imola memiliki kubikasi 400. Ninja 400cc dan 390 cc terbukti mendominasi selama ini. Sementara, Yamaha YZF-R3 yang digunakan oleh Galang Hendra memiliki kubikasi silinder paling kecil.

Pihak penyelenggara memang masih terus mengupayakan formulasi yang tepat agar semua merk memiliki potensi yang sama untuk tampil kompetitif. Menggunakan batasan limiter RPM dan penambahan atau pengurangan bobot hingga seri ke 3 masih belum terlihat berimbang. R3 dengan bobot yang sama dengan kompetitor yang kubikasinya 400cc mengalami kendala saat akselerasi keluar dari tikungan dan top speed di track lurus.

Namun demikian , Galang Hendra mampu menampilkan performa terbaiknya dan tampil terbaik diantara rider yamg  tergabung Yamaha R3 bLU cRU Challenge. Sehubungan klasemen sementara WSSP300, Galang Hendra ada di posisi ke-14 dengan raihan 11 poin. Adapun seri lanjutan WorldSSP300 sendiri akan kembali dihelat di Sirkuit Donington Park, Inggris pada 27 Mei nanti. Mudah mudahan di seri ini , sudah ada perubahan regulasi yang lebih kompetitif, sehingga balapan makin seru.

“Saat ini saya bahagia karena dapat finish ke-5. Saya melakukan start dengan baik dengan dukungan perfoma motor yang sangat baik. Saya sempat mengalami kontak dengan pebalap lainnya. Namun saya tetap tenang dan fokus. Pada lap terakhir, saya memotong beberapa rider hingga saya merebut posisi ke-5. Pada seri selanjutnya, saya akan lebih fokus lagi dan akan tampil all out pantang menyerah. Saya akan melakukan yang terbaik untuk Merah Putih Semakin Di Depan,”ujar Galang Hendra Pratama.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here