Yamaha Cup Race 2018 Pangkep, Sulsel :  Digelar Malam Hari (Night-Race), Siap Hadir Kelas Aerox 155 Cup Community

Pangkep-Sulsel, Otomotif1.com – Bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-73 Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) siap menggelar Yamaha Cup Race 2018 (YCR 2018) pada malam hari. Selain itu, akan hadir kelas Aerox Cup Community yang tentunya akan banyak mengundang banyak perhartian masyarakat Pangkep, Sulawesi Selatan.

YCR 2018 sendiri rencananya akan digelar pekan ini (17-18 Agustus 2018), di sirkuit permanen Sobat Pancasila Karaeng Mallombassang, Pangkep, Sulawesi Selatan.

Sebagai informasi, sirkuit ini memiliki panjang lintasan 900 meter dengan lebar trek 8 meter dan lintasan trek lurus utama yang mencapai panjang 180 meter, mulai dari tikungan terakhir sampai tikungan pertama. Sirkuit ini juga memiliki 8 tikungan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-berbeda sehingga membuat ajang balap ini menjadi semakin seru.

Dengan digelarnya balapan di Pangkep ini, menandakan bahwa YCR 2018 sudah memasuki region Sulawesi, setelah sebelumnya digelar di region Sumatera (Medan dan Banda Aceh), Kalimantan (Singkawang, Kalbar) dan Jawa (Tasikmalaya, Jabar). Sementara untuk region Sulawesi sendiri, selain di Pangkep, rencananya akan dilangsungkan di Poliwali Mandar, Sulawesi Barat.

Uniknya dari YCR 2018 yang digelar di Pangkep, karena balapan akan digelar malam hari (night race), Sabtu malam (18/8).

Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Main Dealer Suraco Jaya Abadi motor (MD SJAM) yang notabene untuk kesekian kalinya kembali menghadirkan Night Race sehingga kompetisi balap ini selalu menjadi lebih menantang dan memiliki sensasi yang berbeda bagi para peserta.

“Kita menyambut baik penyelenggaraaan Yamaha Cup Race 2018 di Pangkep yang akan digelar di sirkuit permanen. Wilayah Pangkep ini memang penting karena memberikan kontribusi penjualan (market-share) yang cukup tinggi kepada Yamaha. Pangkep ini juga penting karena dekat dengan Makassar dan sebagai penghubung dengan daerah-daerah sekitar seperti Makassar, Pare, Pinrang, Maros dan sebagainya. Sedangkan untuk kelas Aerox 155 Cup Community memang sangat baik karena komunitas Aerox 155 di Pangkep ini relatif besar. Komunitas yang berperan aktif membesarkan Yamaha di Makassar. Saya menyambut gembira kelas ini karena dapat menyalurkan bakat atau hobi mereka,” ujar Frengky J Tunandar, selaku GM Marketing PT Suraco Jaya Abadi Makassar (SJAM), main-dealer Yamaha wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar).

Frengky J Tunandar, selaku GM Marketing PT. Suraco Jaya Abadi Makassar (SJAM)

 

Yamaha Cup Race 2018 Pangkep sendiri siap menyajikan 10 kelas. Terdiri dari MP1 hingga MP6 yang selama ini menjadi kelas utama di Kejurnas Motoprix. Pada kelas utama ini akan memperebutkan tiket Grand Final Yamaha Cup Race 2018 hasil dari penggabungan YCR Polman, Sulbar nanti. Dimana Grand Final rencananya akan dihelat di trek GBT Surabaya.

Hadir Kelas Aerox 155 Cup Community

Selain itu, hadir pula 4 kelas lain yang didasari dari animo lokal. Aspirasi pebalap-pebalap daerah coba diakomodir. Yaitu dengan menciptakan kelas balap untuk kategori Bebek 2 Tak 116 cc Open, kemudian Matic Standar 130 cc Open, Bebek 125 cc 4 Tak Tune-up Mix Lokal AJTP + Pangkep & Maros serta Yamaha Aerox 155 cc Community.

Kelas yang disebutkan terakhir adalah kategori yang memang diperuntukkan untuk rekan-rekan komunitas lokal Pangkep, Makassar dan sekitarnya. Ini adalah bentuk apresiasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada rekan-rekan komunitas yang ingin merasakan sensasi balap di sirkuit permanen. Unit motor Aerox 155 cc disediakan langsung oleh pihak Yamaha, termasuk perlengkapan balapnya.

Beberapa komunitas yang akan ambil-bagian diantaranya dari X-Ride Yamaha Indonesia, Nmax Makassar, Yamaha Vixion Lovers, Aerox Rider Club Indonesia, Yamaha V-One Celebes Club, Aerox Rider Club Indonesia, Fino Owners Indonesia dan Bikers Vixion Makassar Club. Seluruh komunitas tersebut tergabung dalam Yamaha Federation Riders Indonesia (YRFI).

Menyinggung kelas Yamaha Aerox 155 cc Community ini, sebelum berlangsungnya aktivitas balap akan dilakukan edukasi dan coaching clinic terlebih dahulu yang di bawakan oleh pebalap nasional Rey Ratukore. Mereka akan diajarkan teknik balap yang safety, termasuk dalam hal menentukan racing-line yang efektif, titik pengereman dan momen tepat dalam buka-tutup throttle gas.

Adapun kesuksesan penyelenggaraan Yamaha Cup Race 2018 Pangkep, Sulsel ini didukung oleh berbagai sponsor penting seperti Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Kayaba, NGK, DID, IRC dan supporting Helm NHK.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here