Yamaha STSJ Berikan Tips Merawat Velg Motor Kesayangan

Otomotif1.com – Sebagai salah satu dari komponen penting pada sepeda motor, velg menjadi bagian penting yang rutin diperhatikan kondisinya apalagi ketika musim penghujan tiba atau selepas menempuh perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan velg berhubungan erat dengan ban. kondisi velg yang tidak prima, tentu akan sangat berpengaruh sekali pada pengalaman Anda selama berkendara di jalanan.

Tak hanya itu, kondisi velg yang buruk dapat menyebabkan kecelakaan bahkan dapat menyebabkan bocor halus akibat velg bengkok, rusak atau retak.

Biasanya ada dua jenis velg yang sering digunakan yaitu velg spoke wheel berbentuk jari-jari besi dan velg cast wheel atau yang dikenal sebagai velg racing. Masing-masing velg tentu memiliki kekurangan dan kelebihan, bergantung dengan kebutuhan pengendara.

“Maka dari itu, penting untuk pengendara memperhatikan kondisi kesehatan velg kendaraan. Selain faktor keselamatan, velg dengan kondisi yang terawat juga bisa membuat tampilan motor semakin menarik,” ungkap Ilham Wahyudi, GM Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Nah, untuk menghindari hal buruk terjadi, Ilham Wahyudi memberikan tips untuk merawat velg agar aman dan nyaman dalam berkendara sebagai berikut :

1. Jaga kebersihan velg motor

Penting nya menjaga kondisi velg agar tidak mudah berkarat terutama ketika motor menerjang air hujan. Tentu juga membuat tampilan motor lebih kinclong dan menawan ketika dijalan.

2. Hindari benturan saat berkendara

Gunakan kecepatan rendah ketika menghadapi jalanan berlubang. Semakin sering pengendara melewati jalanan berlubang, akan semakin berpengaruh terhadap kondisi velg. Tidak hanya pada tekanan udara ban, namun bisa merusak bentuk velg itu sendiri.

3. Gunakan ukuran velg & ban sesuai anjuran

Sering kali pengendara memodifikasi velg dan ban kendaraannya tidak sesuai dengan ukuran pabrikan. Padahal, ukuran velg dan ban yang tidak sesuai bisa mempengaruhi keseimbangan roda pada kendaraan. Untuk itu gunakan ban dan velg yang sesuai dengan anjuran agar memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara.

4. Lakukan penyetelan velg

Demi pengalaman berkendara yang menyenangkan, lakukanlah penyetelan velg secara berkala agar tetap kokoh dan nyaman. Idealnya perawatan dilakukan 6 bulan sekali.

Itulah beberapa tips yang diberikan oleh Yamaha STSJ untuk merawat dan menjaga kondisi velg kendaraan.

Konsumen Yamaha juga bisa mengunjungi bengkel resmi Yamaha untuk melakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan tetap prima.

Informasi terkait bengkel resmi dapat dilihat melalui website www.yamaha-stsj.com atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898.

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here