Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hankook Tire Tanam 2.500 Bibit Mangrove di Pesisir Muara Gembong

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hankook Tire Tanam 2.500 Bibit Mangrove di Pesisir Muara Gembong

--

OTOMOTIF1.com - Bertajuk "One Man One Tree" Perusahaan ban global Hankook Tire pada Sabtu (1/6) menggelar aksi penanaman bibit mangrove sebanyak 2.500 bibit tanaman senilai Rp170 juta di sepanjang pesisir Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Penanaman ini bertepatan dengan Hari LingkunganH idup Sedunia dan dilakukan oleh Presiden Direktur PT Hankook Tire Indonesia, Chang Doo Young, bersama manajemen dan karyawan yang didukung oleh 50 warga Desa Pantai Bahagia, MuaraGembong.



Chang Doo Young, Presiden Direktur PT Hankook Tire Indonesia, menjelaskan, penanaman mangrove ini merupakan upaya perusahaan dalam mendukung konservasi keanekaragaman hayati dan menjaga ekosistem pesisir yang rentan terhadap abrasi dan
pengikisan tanah.

“Dengan tagline Bersama Hankook Menjaga Bumi, kami berharap spirit ini dapat meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong. Manfaat penanaman mangrove ini tidak hanyamenceg ah abrasi, tetapi juga untuk menekan laju perubahan iklim, menjaga keanekaragaman biota laut, dan diharapkan dapat dikembangkan menjadi sarana wisata edukasi yangmemberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat," jelas Chang.






×

Aksi penanaman mangrove ini juga dilengkapi dengan sosialisasi tentang jenis-jenis mangrove dan manfaat ekologis, cara pembuatan sirup mangrove, serta pengetahuan tentang ekosistem lain yang hidup di sekitar akar mangrove.

Hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya ekosistem mangrove terhadap lingkungan hidup dan mendorong pengembangan peluang usaha baru.

'Kami menyambut baik inisiatif dari PT Hankook Tire Indonesia dalam menjaga lingkungan hidup dengan melakukan penanaman
mangrove di Muara Gembong. Kolaborasi ini merupakan langkah awal berkelanjutan dalam menjaga ekosistem pesisir Muara Gembong yang sudah terkena abrasi di sekitar 2.400 hektar lahan. Kami berharap aksi ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk melakukan langkah serupa dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup," sambung Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Sukmawatty Karnahadijat.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr