Royce Silver Shadow II Legendaris Milik Bamsoet Jadi Maskot Di Ajang Indonesia Classic Expo 2024. Kita Intip Kehebatannya Yuk!

Royce Silver Shadow II Legendaris Milik Bamsoet Jadi Maskot Di Ajang Indonesia Classic Expo 2024. Kita Intip Kehebatannya Yuk!

Otomotif1.com l – Rolls-Royce Silver Shadow II Legendaris milik Bamsoet jadi maskot di ajang Indonesia Classic Expo (ICE) 2024, kali ini tim redaksi akan mengupas kehebatannya. Simak yuk!

Seperti diketahui bersama bahwa Bambang Soesatyo, akrab disapa Bamsoet, Ketua Umum IMI Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI memiliki hobi mengkoleksi kendaraan mulai dari mobil hingga motor.




Rolls-Royce Silver Shadow II menjadi salah satu mobil klasik maskot ajang Indonesia Classic Expo 2024|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Tidak tanggung-tanggung, sejumlah mobil supercar hingga klasik dan motor Harley Davidson yang terbilang langka keberadaanya juga menjadi koleksi unik yang dimiliki oleh Bamsoet sejak lama dan kerap dipakai dalam menghadiri acara rapat kenegaraan.

Kategori klasik yang dikoleksinya juga beberapa diantaranya memiliki cerita dan sejarah menarik dibalik keberadaannya disepanjang tahun. Sehingga sangat layak jika mobil premium ini dikategorikan sebagai mobil koleksi dalam perspektif seorang kolektor.





×

Sebagai disklaimer, seorang kolektor menilai bahwa sebuah mobil klasik dapat dikatakan dan termasuk dalam kategori sebagai mobil koleksi jika mobil tersebut memiliki catatan sejarah penting baik itu bagi pemiliknya atau berkait dengan acara kenegaraan atau paling tidak pernah digunakan oleh seorang tokoh penting seperti Kepala Negara, Tamu Negara Kehormatan, Pejabat Negara, Tokoh Nasional maupun Internasional dan menjadi salah satu catatan bersejarah.


Rolls-Royce Silver Shadow II direstorasi oleh retouchpro autowerkz dan akan disimpan di museum IMI |sny-otomotif1.com|Foto: dok. instagram bambang soesatyo

Dan seseorang yang mengkoleksi mobil klasik semacam ini berikut dengan catatan sejarah tersendiri dari mobil klasik yang dimilikinya seperti pemaparan disklaimer diatas maka layak disebut sebagai kolektor.

Salah satunya adalah mobil legendaris jenis Rolls-Royce Silver Shadow II buatan tahun 1978 yang pernah digunakan oleh Ratu Inggris, Ratu Elisabeth II saat berkunjung ke Indonesia pada 15-22 Maret 1974. Dan mobil ini menjadi salah satu mobil klasik yang dimiliki oleh Bamsoet.

Ternyata tak hanya Ratu Elisabeth II saja yang pernah menggunakan mobil sedan premium ini, pada jaman pemerintahan Presiden M Soeharto pun pernah digunakan juga oleh pemimpin Kerajaan Belanda, Ratu Beatrix, pada 21 Agustus 1995.


Rolls-Royce Silver Shadow II buatan 1978 sebelum direstorasi pernah digunakan Ratu Elisabeth II saat berkunjung ke Indonesia pada tahun 1974|sny-otomotif1.com|Foto: dok. iNews

Mobil premium Rolls-Royce Silver Shadow II ini dibawa langsung dari Inggris dengan menggunakan kapal pesiar Northern Star milik kerajaan Inggris.

Alih-alih mengunakan pesawat terbang milik kerajaan Inggris, Ratu Elisabeth II bersama Pangeran Phillip sendiri lebih memilih untuk menggunakan kapal pesiar SS Northern Star untuk tiba di Indonesia.

Kapal pesiar ini juga digunakan oleh kerjaan Inggris untuk membawa segala keperluan Ratu Elisabeth II dan Pangeran Phillip selama keberadaannya di Indonesia saat masa kunjungan.


Tampilan interior Rolls-Royce Silver Shadow II|sny-otomotif1.com|Instagram bambang.soesatyo

Namun sejarah kunjungan Ratu Elisabeth II kini telah tercatat dengan apik dalam lembaran sejarah automotif nasional, keberadaan mobil Rolls-Royce Silver Shadow II yang pernah digunakan kini telah menjadi koleksi Bambang Soesatyo untuk bangsa Indonesia.

Untuk melestarikan nilai sejarah tersebut, Bamsoet kemudian kembali merestorasi mobil premium ini kepada Retouch Autowerkz yang berkedudukan di Bandung, Jawa Barat.

Dalam postingan instagran pribadi Bambang Soesatyo juga disebutkan bahwa restorasi diperlukan untuk menjaga autentifikasi mobil dan menjadi salah satu koleksi museum Ikatan Motor Indonesia (IMI).


Penampakan doortrim interior Rolls-Royce Silver Shadow II|sny-otomotif1.com|Instagram bambang.soesatyo

Dilansir dari supercars.net, secara spesifik Rolls-Royce Silver Shadow II dibekali dengan mesin bertenaga besar dengan mesin jenis konfigurasi V8 dengan kemiringan 90 derajat dan bore × stroke : 104 mm × 99 mm, berkapasitas 6.750 cc.

Dengan kapasitas mesin sebesar itu, maka sedan premium ini mampu menghasilkan tenaga 220 dk pada putaran mesin 4000 rpm dan torsi 393 Nm di putaran 2.500 rpm.

Kira-kira mobil koleksi milik Bamsoet apalagi yah yang akan dipamerkan sebagai maskot di Indonesia Collection Expo (ICE) 2024.
Simak terus yah ulasan mobil klasik maskot Indonesia Classic Expo berikutnya.

***[sny]

Sumber:


BERITA TERKAIT

Rolls-Royce Ghost Prism Edisi Istimewa, Hanya Diproduksi 120 Unit Untuk Peringati 120 Tahun Rolls-Royce

Rabu / 13-03-2024,20:01 WIB

Rolls-Royce Ghost Prism Hadirkan Kemewahan Absolute Dalam Balutan Kontemporer Menyambut Peringatan Ke-120 Tahun.

Rolls-Royce Ghost Prism Edisi Istimewa, Hanya Diproduksi 120 Unit Untuk Peringati 120 Tahun Rolls-Royce

Berita Lainnya

vidstr