Halo Pemilik Mobil Listrik di Indonesia, Anda Harus Lebih Berhati-hati Ketika Musim Hujan

Halo Pemilik Mobil Listrik di Indonesia, Anda Harus Lebih Berhati-hati Ketika Musim Hujan

Ilustrasi mobil listrik.--

Otomotif1.com - Saat ini sebagian besaar wilayah di Indonesia sedang menghadapi masa pancaroba, yaitu perubahan dari musim kemarau ke musim hujan. Hal ini dibutikan banyaknya bencana berupa angin kencang atau putinng beliung di beberapa daerah.

Memasuki musim hujan, pemilik mobil listrik harus lebih waspada karena cuaca dan curah hujan yang tinggi dapat memberikan tantangan tambahan dalam merawat kendaraan listrik.



Dalam kondisi hujan, risiko terjadinya banjir di jalanan dapat meningkat, sehingga pemilik atau pengemudi mobil listrik perlu memperhatikan rute perjalanan, guna menghindari daerah yang berpotensi terendam air.

Seperti yang di sampaian oleh salah seorang tehnisi sebuah bengkel resmi pabrikan kendaraan asal Tiongkok yag enggan disebutkan namanya, mengatakan kepada Otomotif1 belum lama ini.

Menurutnya, banjir atau cuaca hujan ekstrim merupakan faktor lingkungan yang bisa merusak mobil listrik.





×

"Banjir atau cuaca hujan ekstrim ini dianggap force majeure alias akibat lingkungan, di mana mobil listrik yang menerjang atau terkena air akan mengalami penurunan kualitas," tegasnya.

Lebih jauh dirinya mengatakan, air adalah musuh alami baterai dan secanggih apapun teknologi yang dihadirkan, sejauh ini belum bisa membuat baterai kebal seutuhnya terhadap air.

“Baterai komposisi utamanya adalah logam, dan logam-logam itu cukup reaktif dengan air arena bisa teroksidasi, berkarat, dan rusak,” ungkapnnya.

Selain itu juga, dia mengingat kelembapan tinggi bisa menyebabkan korosi pada komponen logam dalam kendaraan. Sehingga penting untuk menjaga mobil listrik agar tetap berfungsi dengan baik dan dapat memperpanjang masa pemakaiannya.

Kemudian perlu diingat, sebagai pengguna atau pemilik mobil listrik dianjurkan cerdas dalam bertindak, khususnya ketika menghadapi jalan yang terendam banjir. Sebaiknya tidak menerobos dan mencari alternatif jalan lain.

 

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

Rifky Hidayat Habiskan Rp180 Juta Untuk Memodifikasi Yamaha XMax Miliknya

Rifky banyak menggunakan produk aftermarlet asal Thailand dan mengunakannya hingga 75% pada motor modifikasinya.

vidstr