Kota Ambon Bisa Kegusur Jika Wilayah Ini Diperluas? Provinsi Hasil Pemekaran Provinsi Maluku Miliki Luas 254,39 Km2

Kota Ambon Bisa Kegusur Jika Wilayah Ini Diperluas? Provinsi Hasil Pemekaran Provinsi Maluku Miliki Luas 254,39 Km2

daerah-chuttersnap/unplash-

Kota Ambon Bisa Kegusur Jika Wilayah Ini Diperluas? Provinsi Hasil Pemekaran Provinsi Maluku Miliki Luas 254,39 Km2. 

Terletak 392 Km dari Provinsi Maluku! Daerah Ini Sudah Berpisah dan Bentuk Provinsi Baru Sejak Tahun 1996, Kini Siap Gabung Lagi?



Pantas Wilayah Ini Pilih Berpisah dari Provinsi Maluku! Miliki 66 Pulau, Kini Buat Daerah Otonomi, Alasannya Bikin Terkejut. 

Tahukah Anda bahwa Maluku Tenggara pernah mengalami pemekaran wilayah pada tahun 2007? Keputusan ini pada awalnya memicu pro kontra dan ditolak oleh pemerintah pusat.

Namun, ada tiga alasan yang melatarbelakangi penolakan tersebut, yaitu potensi konflik agama, potensi merusak tatanan adat, dan potensi memecah persatuan serta kesatuan masyarakat.





×

Seiring berjalannya waktu, sebagian masyarakat mendukung pemekaran tersebut karena banyaknya pelayanan publik yang tidak terjangkau oleh masyarakat.

Wilayah Maluku Tenggara yang luas dan berupa kepulauan membuat pemerintahan pada masa itu dinilai bersifat terlalu sentralistik.

Baca juga: Debut Mobil Listrik BinguoEV Indonesia, Wuling Pamerkan Tampilan Desain Eksterior dan Interior 'Drive Electric Be The Icon'

Baca juga: Yogyakarta Kehilangan Hak Istimewanya? dengan Alasan Pembangunan Bandara Seharga 11,3 Triliun, Sudah Diramalkan Jauh-Jauh oleh Orang Dukun Asli DIY

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr