Sebenarnya Ngak Sulit! Ternyata Ini Tips Cara Berkendara Hemat Bahan Bakar Gunakan Motor Matic dari Honda

Sebenarnya Ngak Sulit! Ternyata Ini Tips Cara Berkendara Hemat Bahan Bakar Gunakan Motor Matic dari Honda

New Honda Scoopy Diluncurkan DI IMOS+ 2023, AHM Berikan Jaminan Rangka 5 Tahun-sny/otomotif1.com-Wibz/oto1

OTOMOTIF1.com - Sebenarnya Ngak Sulit! Ternyata Ini Tips Cara Berkendara Hemat Bahan Bakar Gunakan Motor Matic dari Honda

Beberapa skutik Honda, seperti Scoopy, BeAT, dan Genio, telah dilengkapi dengan fitur ECO Indicator, yang berfungsi sebagai panduan untuk mengemudi secara efisien.



Ketika lampu ECO Indicator menyala pada panel instrumen, ini menandakan bahwa pengendara sedang berkendara dengan konsumsi bahan bakar yang efisien, atau yang dikenal sebagai eco riding. Semakin sering lampu ECO Indicator menyala, semakin irit konsumsi bahan bakar skutik Honda.

Selain memanfaatkan fitur ECO Indicator, ada empat cara yang dapat diikuti untuk menerapkan teknik eco riding dan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, seperti yang dijelaskan dalam website resmi Honda.

Cara pertama adalah menghindari membuka gas secara mendadak.





×

Pengendara disarankan untuk membuka gas perlahan dengan kecepatan yang seimbang untuk menghindari semburan bahan bakar yang keluar dari injector dengan deras.

Selain itu, disarankan untuk menyesuaikan putaran mesin dengan kondisi jalan.

Cara kedua adalah menjaga kecepatan konstan, baik di putaran mesin rendah maupun tinggi.

Dengan mempertahankan kecepatan konstan di putaran mesin rendah, penggunaan rem dapat dikurangi, mengingat pengereman setelah melakukan akselerasi dapat membuat energi terbuang sia-sia.

Oleh karena itu, disarankan untuk memanfaatkan deselerasi putaran mesin dan melakukan pengereman secara perlahan.

Cara ketiga adalah duduk dalam posisi yang benar, yaitu dengan tubuh berada di pusat gravitasi motor, tanpa duduk terlalu ke belakang atau terlalu ke depan.

Cara keempat adalah tidak melakukan modifikasi berlebihan pada motor, seperti mengganti ban melebihi batas yang dianjurkan, menggunakan knalpot racing, menambahkan box motor, atau mengganti roller CVT, karena hal ini dapat memengaruhi kinerja mesin dan efisiensi konsumsi bahan bakar.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

Rifky Hidayat Habiskan Rp180 Juta Untuk Memodifikasi Yamaha XMax Miliknya

Rifky banyak menggunakan produk aftermarlet asal Thailand dan mengunakannya hingga 75% pada motor modifikasinya.

vidstr