Bicara Soal Karakter Suspensi sampai Fitur Mitsubishi XForce Hingga Menjadi Teman Perjalanan

Bicara Soal Karakter Suspensi sampai Fitur Mitsubishi XForce Hingga Menjadi Teman Perjalanan

Test Drive Mitsubishi XForce di Lapangan Parir Timur Delta Plaza (Foto: Argo/Otomoif1.com)--

OTOMOTIF1.com - Bicara soal karakter suspensi pada sebuah kenndaraan, umumnya
di bagi menjadi dua yaitu, rigid untuk mejaga kestabilan dan lembut agar pengedara mersa yama di dalam kabin.

Untuk kendaraan yang dipacu kencang biasanya akan dibuat suspensi dengan karakter rigid. Hal ini disebabkan, pengemudi membutuhkan akurasi dalam melakukan manuver. Namun, efeknya kenyamanan akan sedikit terganggu.



Suspensi menjadi terkesan lebih keras ketika mobil melintasi jalan tidak rata. Rupanya hal ini terjadi pada Mitsubishi XForce.

Dari hasil pengetesan beberapa media di Surabbaya, juga masukan konsumen yang melakukan test drive di lapangan Parkir Timur Delta Plaza Kota Surabaya beberapa waktu lalu yang diselengarakan oleh tiga dealer di Jawa Timur yaitu SUN Star Motors, Srikandi dan Bumen Redja Abadi(BRA) serta beberapa kosumen yang sempat bertemu dengan Otomotif1 mengatakan, bantingan suspensi dari SUV segmen B ini sedikit keras, khususnya saat melewati jalan tidak rata.

"Saya sudah 6 tahun menggunakan Pajero Sport. Tadi saya sudah test drive bersana keluarga. Setelah saya jajal kok, rasanya suspensinya nyaman mobil yg saya pakai Pajero Sport. Batinga XForce kaku sekali," ujar Yulianto warga Surabaya yang berprofesi sebagai dokter ini.





×


Yuianto bersama keluarga saat menjajal mitsubishi Xforce di lapagan Parir Timur Delta Plaza, Surabaya ( Foto Argo/ Otomotif1)

Penasaran dengan komentar kosumen yang sudah menjajal moobil tersebut, akhirya kami ingin merasakan lagsung sensasi berkendara dengan mitsubishi XForce.

Karena cuaca sangat cerah, maka pilihan mode drive yang terpilih adalah Normal. Gerakan lingkar kemudi cukup enteng, namun memiliki karekter bisa merasakan kontur jalan yang dilewati. Jadi terasa ada interaksi antara pengemudi dengan setir.

Ketika kami melintasi jalan yang berpasir dan berkerikil, maka mode kemudi saya pindah ke mode Gravel.

Nah di sini ada perbedaan dengan mode drive Normal. Gerakan kemudi yang semula enteng, cenderung agak lebih berat. Dan sekali lagi, ada interaksi antara pengemudi dan jalanan yang dilalui.


Jajaran awak media saat menjajal performa Mitsubishi XForce

Rasa menyatu dengan mobil inilah yang benar-benar memberikan pengalaman tersendiri bersama XForce. Jujur, hal ini memunculkan rasa percaya diri bahwa pergerakan mobil lebih akurat dan awas di setiap kondisi jalan.

Mengenai suspensi Mitsubishi XForce, sebenarya sudah di sampaikan oleh Guntur Harling selaku General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, dia mengatakan, karakteristik suspensi pada Mitsubishi XForce telah disesuaikan, bahkan dalam pengembangannya dirancang lebih baik dari kompetitornya.

"Sebelum melakukan pengembangan, ada beberapa kompetitor yang kami tes suspensinya dan sejujurnya rasanya tidak nyaman. Jadi memang suspensi di XForce sudah kami improve," ungkap Guntur. Lebih lanjut Guntur menjelaskan, masalah suspensi XForce sebenarnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan berkendara di ASEAN, termasuk Indonesia.


Akselerasi mitsubishi XForce (Foto Argo/Otomotif1) ||

Dalam proses pengembangan sektor kaki-kaki, dia mejelaskan, memang titik beratnya soal bagaimana membuat suspensi yang nyaman, tapi tetap memiliki karakter SUV dengan handling yang baik.

"Tantangannya bagaimana bisa membuat suspensi nyaman tapi karena ini kompak SUV, jadi harus punya respons dan handling yang baik," ucapnya.

"Dimensi silinder absorber XForce terbesar di kelasnya. Sedikit mirip dengan pengembangan pada Xpander Cross beberapa waktu lalu, tapi karena dimensi dan bobot XForce ini berbeda, jadi penyesuaiannya juga berbeda," tegas Guntur.

Masalah suspensi ini memang bisa dibilang relatif, karena beda pengendara pastinya punya penilaian dan sudut pandang yang juga berbeda.

Jadi, suspensi XForce memang memiliki karakter khas mobil-mobil SUV yang mengedepankan kestabilan handling tanpa mengabaikan kenyamanannya menurut pihak Mitsubishi.


Akhir perjalanan yang mengesankan dari Test Drive mitsubushi XForce di Kota SUrabaya (Foto Argo/Otomotif1)

Ketik disinggung fitur lain terutama saund system yang benamkan pada Mitsubishi XFoce, Yulianto yang didamping istri serempak menjawab sangat puas.

Mitsubishi XForce memiliki salah sau fitur andalan yang bisa menjadi teman selama dalam perjalanan.

Salah satu fitur andalan yang ditawarkan oleh Mitsubishi XFORCE untuk menemani gaya hidup dinamis pengendara adalah Dynamic Sound Yamaha Premium yang merupakan sebuah sistem suara dengan karakter dynamic sound untuk sistem audio tingkat tinggi.

Sistem suara ini dilengkapi dengan 8 buah speaker terintegrasi dan 4 preset equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV).

"Dynamic Sound Yamaha Premium yang ada pada mitsubbishi XForve inilah yang seakan membawa sebuah pertunjukan konser ke dalam mobil ini," pungkas Yuliato.

 

 

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

Rifky Hidayat Habiskan Rp180 Juta Untuk Memodifikasi Yamaha XMax Miliknya

Rifky banyak menggunakan produk aftermarlet asal Thailand dan mengunakannya hingga 75% pada motor modifikasinya.

vidstr