Banjiri Listrik 8 Megawatt! Bendungan Canggih Multifungsi di Maluku Siap Terangi 8.750 Rumah

Banjiri Listrik 8 Megawatt! Bendungan Canggih Multifungsi di Maluku Siap Terangi 8.750 Rumah

Banjiri Listrik 8 Megawatt! Bendungan Canggih Multifungsi di Maluku Siap Terangi 8.750 Rumah-UNPLASH-

Banjiri Listrik 8 Megawatt! Bendungan Canggih Multifungsi di Maluku Siap Terangi 8.750 Rumah

Kawasan Kabupaten Buru, yang terletak di bagian timur Provinsi Maluku, saat ini menjadi saksi dari tonggak sejarah pembangunan yang berdampak besar dengan adanya proyek pembangunan bendungan baru yang menarik.



Baca juga: Pembangunan Bendungan Megah di Maluku, di Balik Biaya Rp 2,08 Triliun yang Membuat Geleng-geleng Kepala!

Bendungan ini diproyeksikan akan menjadi sebuah ciptaan inovatif yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyimpanan air, tetapi juga diharapkan mampu memberikan berbagai manfaat langsung bagi masyarakat lokal serta menyeluruh di wilayah Maluku secara keseluruhan.

Diharapkan, dengan dimulainya operasional bendungan ini pada tahun 2024 yang akan datang, akan tercipta sebuah terobosan besar dalam pemanfaatan sumber daya air di daerah ini. Meskipun demikian, tentu saja keberhasilan operasionalnya masih bergantung pada minimnya hambatan yang mungkin menghambat proses pembangunan hingga selesai.





×

Baca juga: Sultane Wong Jowo! Simak 3 Sulltan di Jawa Timur yang Salh Satunya Tinggal di Kediri, Punya Harta yang Tak Akan Habis Meski 7 Turunan!

Baca juga: Ada Lawan Gengs? 5 Kabupaten dan 1 Kota Terkaya di Kalimantan Barat, Warga Kalbar Apakah Hidup Makmur dan Sejahtera? Rumahmu Masuk Sini Gak?

Baca juga: Kece Kekinian! 6 Mall Terbesar Manado yang Jadi Tempat Favorit Para Anak Muda Alias Gen Z, Pusat Fashion dan Jual Baran Branded

Menghimpun sungai Way Apu di Pulau Buru, bendungan ini diantisipasi akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat sekitarnya.

Menurut laporan dari sumber resmi pu.go.id, Bendungan Way Apu direncanakan akan menyediakan air irigasi seluas 10.000 hektar.

Selain itu, bendungan ini juga akan menyediakan air baku dengan debit mencapai 500 liter per detik, serta memiliki kemampuan untuk mereduksi banjir dengan debit 557 meter kubik per detik.

Lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

Ducati Luncurkan Ducati Monster Edisi Terbatas Sebagai Penghormatan Kepada Ayrton Senna

Sepeda motor edisi terbatas bernomor yang didedikasikan untuk legenda Formula 1®, seorang pengendara sepeda motor yang penuh semangat dan juga seorang Ducatista

vidstr