Terbukti! Kenapa Xpander Cross Jadi MPV Crossover Ternyaman, Berikut Ulasannya

Terbukti! Kenapa Xpander Cross Jadi MPV Crossover Ternyaman, Berikut Ulasannya

Terbukti! Kenapa Xpander Cross Jadi MPV Crossover Ternyaman-sny/otomotif1.com-Wibz/oto1

Otomotif1.com l – Mitsubishi Xpander Cross merupakan kelanjutan dari varian MPV Xpander sebelumnya dalam model crossover. Xpander sendiri mula dimunculkan pada website Mitsubishi pada 17 Juli 2017 dan langsung mendapat respon positif dari pasar MPV ditanah air.

Kehadiran Xpander ditengah penggemar mobil tipe MPV cukup memberikan penyegaran sehingga mampu menjadi pesaing bagi mobil MPV sejenis dikelasnya. Sejak kehadirannya, Xpander telah menjadi pilihan utama dan mengalahkan para pesaingnya dikelas MPV.




Terbukti! Kenapa Xpander Cross Jadi MPV Crossover Ternyaman|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

Kesuksesan Xpander kemudian dilanjutkan oleh kemunculan Xpander Cross untuk jenis MPV crossover pada tahun 2019. Pesaingpun mulai bermunculan dengan kehadiran Xpander Cross di Indonesia dengan berbagai fitur canggih yang ditampilkan. Namun bagi penggemar mitsubishi seakan tak menggoyahkan pilihan untuk tetap menjatuhkan keputusan untuk tetap memilih Xpander Cross.

Berbagai keunggulan fitur dan kecanggihan teknologi Mitsubishi berhasil mempertahankan supremasinya sebagai MPV Crossover ternyaman dikelasnya. Selain irit, Xpander Cross disebut-sebut mengadopsi kaki-kaki dan tampilan layar speedometer ala Pajero.





×

Fakta ini semakin tak terbantahkan ketika penulis merasakan langsung berbagai kenyamanan dan iritnya Xpander. Gak salah jika ada yang mengatakan bahwa Xpander Cross Senyaman Pajero Seirit Honda Beat.


Posisi kemudi yang nyaman memberikan keleluasaan saat mengemudi|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

Pengalaman yang dirasakan oleh penulis merupakan pengalaman yang tak terlupakan sekaligus menghalau informasi miring dari beberapa kejadian terakhir yang menyangkut Xpander.

MPV seharga Rp300 jutaan ini memiliki keunggulan ground clearance yang mencapai 220 mm. Dengan ground clearance yang tinggi ini maka Xpander Cross sangat nyaman dikemudikan menlintasi berbagai medan jalan dengan percaya diri ditambah dengan system suspense yang menadopsi milik saudara tua nya Pajero.

Dimensi ideal yang dimiliki oleh Xpander Cross tidak saja memberikan tampilan yang elegant namun dengan dimensi panjang 4595 mm, lebar 1790 mm, dan 1750 mm tinggi mampu memberikan ruang yang cukup luas dan tingkat kenyamanan maksimal bagi seluruh penumpang.


Interior dengan ruang cabin yang luas memberikan kenyamanan bagi penumpang|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019, Xpander Cross telah mengalami banyak ubahan yang signifikan. Dalam hal desain, Xpander Cross menampakkan tampilan ekterior yang lebih tangguh dengan sentuhan SUV yang kental.

Secara keseluruhan, elemen krom telah digantikan dengan sentuhan hitam mengkilap. Meskipun ada beberapa perubahan pada bagian depan, namun desain grill yang khas dan desain Dynamic Shield tetap dipertahankan. Grill pada mobil ini memiliki jarak yang lebih lebar, serta skid plate depan dan belakang yang menambah kesan SUV pada mobil ini.

Dalam hal performa, Xpander Cross masih dibekali dengan mesin empat silinder 1.500 cc dengan kode 4A91. Mesin ini menghasilkan daya sebesar 104 PS dengan torsi maksimum 141 Nm, peningkatan yang signifikan terletak pada kaki-kaki yang mengadopsi milik Pajero.


Xpander Cross|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

Dengan kaki-kaki yang diadopsi dari Pajero, Xpander Cross menjadi lebih nyaman saat melintasi genangan air yang tinggi terutama saat terjadi banjir dan kontur jalan yang rusak ataupun sekedar melintasi penghalang jalan seperti polisi tidur.

Ketinggian jarak Ground Clearance yang mencapai 225 mm menjadikan MPV sebagai yang tertinggi di kelas Low MPV. Sistem damper, pegas, dan sudut caster mobil ini juga telah diatur ulang Meskipun memiliki ground clearance yang lebih tinggi, mobil ini tetap terasa sangat nyaman berkat penyematan rebound spring.

Xpander Cross juga menggunakan suspense dari MacPherson Strut pada bagian depan Torsion Beam pada bagian belakang. Penyetelan damper, pegas dan posisi caster angle juga diperlukan untuk mengurangi gejala body roll berlebih.


Tampilan dashbord cockpit yang elegant|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

Pada desain interior, kabin Xpander Cross di dominasi oleh nuansa warna gelap, dengan trim pada jok, dashboard, dan pintu yang menggunakan warna hitam dan cokelat. Jok berbahan fabric tersedia untuk transmisi manual dan otomatis. Sementara pada opsi tertinggi Xpander Cross Leather Seat Premium Package menggunakan pembungkus jok kulit.

Berbicara fitur canggih pada varian tertinggi dari lini Xpander, Xpander Cross memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain fitur-fitur standar seperti dual airbag, active stability & traction control, cruise control, dan hill start assist, Xpander juga memiliki fitur parking sensor yang tidak ada pada varian Xpander sebelumnya.


Tampilan layar pada speedometer mengadopsi tampilan pada Mitsubishi Pajero|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

Fitur lainnya adalah ABS, EBD, dan BA untuk sistem pengereman, layar infotainment 7 inci dengan koneksi smartphone dan rear view camera, serta fitur defogger di kaca belakang.

Saat ini Xpander Cross ditawarkan dengan harga Rp 347.650.000 untuk tipe CVT Premium Package dan Rp 321.750.000 untuk tipe Manual Transmission (MT).

***[sny]

 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Rambah Pulau Sulawesi MMKSI Resmikan Dilernya Yang ke-176 Di Morowali

Jumat / 19-04-2024,19:23 WIB

Diler Mitsubishi Motors Bosowa Berlian Motor Morowali merupakan diler dengan fasilitas layanan 2S (service & sparepart), dan pembukaan diler ini dikhususkan untuk merespon meningkatnya permintaan dan kebutuhan akan layanan purna jual di area tersebut.

Rambah Pulau Sulawesi MMKSI Resmikan Dilernya Yang ke-176 Di Morowali

Berita Lainnya

vidstr