Flores dan Sumba Pisah dari NTT? 13 Daerah Siap Pemekaran! 22 Lainnya Bakal Berpencar! Rumahmu Bakal Masuk Provinsi Mana?

 Flores dan Sumba Pisah dari NTT? 13 Daerah Siap Pemekaran! 22 Lainnya Bakal Berpencar! Rumahmu Bakal Masuk Provinsi Mana?

Gebrakan Mendagri! Kabupaten Baru di Papua Melaju Pesat, Jayawijaya Bergoyang Usai Dilanda Pemekaran Demi Atasi Kekurangan dan Ketidak Sejahteraan Warga?-UNPLASH-

Pemekaran daerah merujuk pada tindakan pemisahan wilayah provinsi atau kabupaten/kota menjadi dua atau lebih entitas wilayah yang baru terbentuk.

Di Indonesia, regulasi terkini yang mengatur mengenai pemekaran daerah adalah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.



Peningkatan frekuensi pemekaran daerah di Indonesia terjadi setelah diberlakukannya sistem otonomi daerah, dengan tujuan memberikan kesempatan kepada daerah untuk mengelola wilayahnya secara optimal.

Baca juga: Kabupaten Ini Minder! Beginilah Daftar Daerah Penghasil Durian Paling Banyak di Provinsi ACEH, Nomor Satu Masuk Standarnya?

Baca juga: Ini Dia 5 Kabupaten Rame di Aceh, Bireuen Nomor Tiga! Ada yang Bisa Tebak Juara Pertamanya Daerah Mana?





×

Baca juga: Liburan Spesial Akhir Tahun! Intip Jejak 5 Destinasi Wisata Paling Rekomended di Magelang Jawa Tengah, Nomor 4 Bikin Mleyot!

Sebagai respons terhadap diberlakukannya otonomi daerah, beberapa wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) turut serta aktif dalam melakukan pemekaran.

Langkah signifikan dalam konteks ini adalah pembentukan dua provinsi baru, yakni Provinsi Flores dan Provinsi Sumba, yang merupakan hasil dari pemekaran wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Inisiatif pemekaran wilayah NTT ini dianggap sebagai langkah strategis dalam mendukung percepatan pembangunan di tingkat lokal.

Lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr