Fakta Mengejutkan 4 Kabupaten yang Diduga Akan Segera Tinggalkan Sumatera Utara Karena Iming-Iming Provinsi Baru dengan Luas

Fakta Mengejutkan 4 Kabupaten yang Diduga Akan Segera Tinggalkan Sumatera Utara Karena Iming-Iming Provinsi Baru dengan Luas

desa-Katzenfee50/pixabay-

Fakta Mengejutkan 4 Kabupaten yang Doduga Akan Segera Tinggalkan Sumatera Utara Karena Iming-Iming Provinsi Baru dengan Luas

"Mengupas Potensi Pemekaran Provinsi di Sumatera Utara: Wacana dan Realitas"



Provinsi Sumatera Utara, dengan pusat pemerintahan utamanya di Kota Medan, memegang kendali atas wilayah seluas 72.981,23 km2.

Dengan status sebagai provinsi keempat terbesar dalam hal jumlah penduduk di Indonesia, Sumatera Utara menjadi pusat perhatian untuk pembahasan potensi pemekaran wilayah.

Baca juga: Rp28 M Hilang di Udara: Kenapa Proyek Monumen Megah di Kupang Hanya Tinggal Sejarah Terbengkalai Karena Lama Mangrak?





×

Secara geografis, Sumatera Utara terletak di bagian utara Pulau Sumatera, dan ketegangan mengenai isu pemekaran semakin memanas.

Dengan kepadatan penduduk mencapai 210 jiwa/km2, muncul wacana mengenai pemekaran empat daerah di Sumatera Utara menjadi provinsi-provinsi baru.

Keempat daerah yang menjadi sorotan dalam pembahasan ini adalah Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Barat, dan Kabupaten Nias Utara.

Baca juga: Diam-Diam Bikin Daerah Baru! 3 Dari 5 Kabupaten ini Siap Mendukung Sementara Presiden Juga Sudah Turun Gunung untuk Merestui Wilayah Maluku Dimekarkan Lagi

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr