Asyik Nih! Daftar Wilayah Pemekaran Papua, Cek Ibu Kota Baru 3 Provinsi, Wilayah Tempat Tinggalmu Masuk Mana?

Asyik Nih! Daftar Wilayah Pemekaran Papua, Cek Ibu Kota Baru 3 Provinsi, Wilayah Tempat Tinggalmu Masuk Mana?

Lega Pol! 5 KabuIbu Kota Bangka Belitung Pindah Jika Wilayah Dimekarkan? Daerah seluas 3.028,794 Km2 Makin Maju dan Berkembang Pesat, Cek Kebenarannya Berikutaten Terluas di Maluku, Ambon Tersingkir dengan Daerah-daerah Super Besar Ini, Juaranya 11.595 Km-pexel-

Asyik Nih! Daftar Wilayah Pemekaran Papua, Cek Ibu Kota Baru 3 Provinsi, Wilayah Tempat Tinggalmu Masuk Mana?

Keputusan mengenai ibu kota dalam tiga provinsi yang termasuk dalam Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua telah disepakati dengan kesepakatan antara pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).



Pengumuman mengenai hal tersebut telah disampaikan oleh Ketua Panitia Kerja (Panja) dalam perancangan Undang-Undang (RUU) yang berkaitan dengan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua, yaitu Bapak Junimart Girsang.

Baca juga: Berikut Negara Satu-satunya yang Tidak Punya Tanah, Kamu Bisa Tebak Wilayah Mana? Clue: Punya Banyak Perahu

Dalam rapat kerja tingkat pertama yang terkait dengan RUU DOB Papua yang berlangsung pada tanggal 28 Juni 2022, Bapak Junimart menjelaskan bahwa Panja telah mencapai kesepakatan terkait dengan lokasi ibu kota provinsi masing-masing yang akan diatur dalam Rancangan Undang-Undang tentang Pembentukan Daerah Provinsi di Papua.





×

Baca juga: Kebun Binatang Terbesar Jawa Timur Ini Pertama Kali Berada di Ketinggian Lereng Setinggi 1,500 Meter, Suhunya Bisa Capai 24 Derajat?

Baca juga: Anak Ala Korean Wajib Kesini! Intip Restoran Terkenal di Malang Jawa Timur Berciri Khas Korea, Makan di Sini Berasa di Luar Negeri

Baca juga: Pabrik Gula Sejak Tahun 1908 Ini Bakal Dirombak Jadi Rest Area Terbesar di Jawa Tengah, Luasnya Bisa Capai 10,5 Ha

"Pada tanggal 27 Juni 2022, Panja memutuskan ibu kota provinsi masing-masing dalam Rancangan Undang-Undang Pembentukan Daerah Provinsi di Papua," ungkap Junimart dalam rapat kerja tingkat I terkait RUU DOB Papua dilansir dari Sindonews pada Selasa, 28 Juni 2023.

Menurut Junimart, Nabire dipilih sebagai ibu kota Provinsi Papua Tengah. Sementara itu, Merauke ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Papua Selatan, dan Jaya Wijaya menjadi ibu kota Provinsi Papua Pegunungan.

Simak pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr