Isu Munculnya 4 Provinsi Baru di Banten Bikin Ibu Kota Dirombak dan Berubah? Bakal Ditaruh di Kota atau Kabupaten? Apakah Daerah Anda Terkena Dampaknya?

Isu Munculnya 4 Provinsi Baru di Banten Bikin Ibu Kota Dirombak dan Berubah? Bakal Ditaruh di Kota atau Kabupaten? Apakah Daerah Anda Terkena Dampaknya?

Pesona Baru Riau Hasil Pemekaran! Kota Baru Diresmikan 20 April, Wilayah Luas 2.059 Km² Terbentuk: Hanya 176 Km dari Pekanbaru!-pexel-

Munculnya 4 Provinsi Baru di Banten Bikin Ibu Kota Dirombak dan Berubah? Bakal Ditaruh di Kota atau Kabupaten? Apakah Daerah Anda Terkena Dampaknya?

Sangat penting untuk memahami bahwa pada era saat ini, provinsi Banten telah mengalami perkembangan signifikan dan menjadi salah satu entitas provinsi yang terletak di Pulau Jawa.



Keadaan provinsi ini dapat diklasifikasikan sebagai yang masih relatif muda, karena secara resmi baru didirikan pada tahun 2000 yang lalu.

Hal ini menunjukkan bahwa Banten merupakan salah satu entitas pemerintahan yang relatif baru dalam kerangka administratif Indonesia.

Baca juga: 7 Kecamatan Teramai di Jombang Lengsengkar PERAK? Mojoangung dan Jogoroto Rangking Berapa? Megaluh Gak Diajak?





×

Menurut informasi yang tertera di situs resmi pemerintah provinsi, yakni bantenprov.go.id, pembentukan Provinsi Banten meraih pengesahan melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000.

Sejak momen peresmiannya sebagai provinsi ke-30 di Indonesia, setelah mengalami pemekaran dari Jawa Barat, Banten kini telah berlangsung selama 23 tahun.

Baca juga: Jembatan Tertua di Jakarta! Dibangun 1682 Sejak Jaman VOC? Hingga Kini Kerap Gonta-ganti Nama Terus, Cek Infonya

Baca juga: Segera di SAHkan! Jembatan Terpanjang di Kepri Jadi yang Paling Panjang di Indonesia? Rogoh Saku Rp14,74 T Sampai Ngutang ke Negara Lain?

Baca juga: Daftar 5 Hotel Harga Terjangkau di Malang, Fasiitas OKE, Punya View Paling Mantul, Desain Interior Bikin Terpukau, Cek Selengkapnya 

Walaupun masa keberadaannya dapat dianggap sebagai yang masih belia, tetapi muncul perbincangan mengenai potensi terjadinya disintegrasi di internal provinsi ini.

Dalam segi administratif, Provinsi Banten terstruktur atas empat kabupaten dan empat kota, dengan Serang sebagai pusat pemerintahannya.

Berdasarkan statistik yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, jumlah penduduk di wilayah provinsi ini mencapai angka 12.251.985 jiwa.

Angka tersebut terpecah menjadi 6.241.041 jiwa penduduk laki-laki dan 6.010.944 jiwa penduduk perempuan.

Simak pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr