Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali Di Gelar Diikuti Oleh 58 ribu Siswa SMK Pendaftar Se-Pulau Jawa

Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali Di Gelar Diikuti Oleh 58 ribu Siswa SMK Pendaftar Se-Pulau Jawa

Salah seorang peserta lomba Otomotif TMC 2024 sedang berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan oleh panitia penyelenggara-sny-otomotif1.com-Foto: Dok. SonnyWibz

Otomotif1.com l – Tekiro Mechanic Competition (TMC) 2024 kembali di gelar diikuti oleh 58 ribu siswa SMK pendaftar se-Pulau Jawa.

Penyelenggaraan Lomba Otomotif tingkat SMK terbesar ini merupakan untuk yang ketiga kalinya setelah sukses dengan dua penyelenggaraan sebelumnya.




Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali Di Gelar Diikuti Oleh 58 ribu Siswa SMK pendartar Se-Pulau Jawa|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

TMC 2024 kali ini diselenggarakan pada tanggal 27 – 28 April 2024 di kantor pusat Tekiro di kawasan Bandengan, Jakarta Utara.

Dalam penyelenggaraan kali ini, terdaftar sebanyak 58.886 siswa SMK yang berasal dari seluruh Pulau Jawa. Memperebutkan hadiah total Rp239 Juta yang terdiri dari uang tunai dan peralatan bengkel.





×

Ajang TMC 2024 kali ini merupakan penyelenggaraan lomba otomotif SMK yang terbesar, pasalnya dari jumlah kepesertaan dan jumlah nilai total hadiah yang diperebutkan melebihi dari target penyelenggaraan di tahun sebelumnya.


Peserta terdiri dari 3 orang siswa yang mewakili sekolah masing-masing|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Pada tahun ini tercatat peningkatan jumlah peserta sebesar 320% dibandingkan tahun sebelumnya.

TMC 2024 merupakan kompetisi ketrampilan otomotif untuk jurusan teknik kendaraan ringan (TMR) dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) untuk SMK se-Pulau Jawa.

“Lomba ini bisa dijadikan pengalaman bagi para siswa untuk dapat melatih kemampuan otomotifnya dan siap terjun ke dunia kerja. Selain itu kami berharap mereka bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dari penerapan belajar mereka di sekolah,” ucap Stefanus Santoso, Direktur PT Altama Surya Anugerah.


Stefanus Santoso, Direktur PT Altama Surya Anugerah saat memberikan sambutan pada acara press conference TMC 2024|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

PT Altama Surya Anugerah dinyatakan berhasil dalam menyelenggarakan even lomba ketrampilan bagi pelajar SMK.

Terbukti dengan tersalurkannya juara lomba TMC sebelumnya dan diterima kerja di B-Quik sebagai karyawan tanpa tes.

Pihak B-Quik sendiri juga telah mengkofirmasi dan menyatakan puas dengan ketrampilan serta kerja tim yang ditunjukkan oleh siswa.


Masing-masing pos didampingi oleh satu orang pengawas lomba yang berasal dari mahasiswa ITS Surabaya|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Babak penyisihan dilakukan secara daring yang dilakukan pada tanggal 27 April 2024 dan terpilih 30 sekolah untuk maju ke babak selanjutnya.

Ke-30 sekolah tesebut terdiri dari 5 sekolah berasal dari Jakarta, 4 sekolah dari Banten, 6 sekolah dari Jawa Barat, DI Jogjakarta 3 sekolah, Jawa Tengah 9 sekolah, dan Jawa Timur 3 sekolah.

30 Pemenang yang masuk ke babak semiffinal akan mendapatkan hadiah apresiasi sebesar Rp2 juta per sekolah.

Pada babak semifinal tiap peserta dalam 1 tim dari masing-masing sekolah yang berjumlah tiga orang harus menjalankan ujian praktek secara langsung yang terbagi dalam beberapa pos.


Masing-masing peserta harus menyelasaikan tugasnya yang dibagi atas beberapa pos tugas|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Pada setiap pos, peserta harus menyelesaikan tes sepurar otomotif yang harus dilakukan secara tim.

Dalam babak ini, peserta akan diuji kecepatan, ketepatan, dan keterampilannya dalam menyelesaikan setiap soal yang berisi tantangan dalam waktu yang ditentukan.

Setiap tim peserta akan diawasi oleh seoang juri dan berperan juga sebagai pengawas lomba yang berasal dari mahasiswa jurusan teknik mesin ITS Surabaya.

Setelah melewati serangkaian tes yang dilakukan dari pagi hingga sore hari di babak ini, maka hasil penilaian akan langsung diumumkan.


Tim peserta lomba saat menyelesaikan tugas soal yang diberikan |sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

10 tim dari masing-masing sekolah peserta akan terpilih untuk mengikuti babak selanjutnya, yakni babak final yang akan diselenggarakan pada keesokan harinya.

Di babak final, para tim finalis ini akan menjalani tes selanjutnya seperti tes presentasi dan troubleshooting engine kendaraan.

Seperti dalam penyelenggaraan ditahun sebelumnya, pada babak final ini akan dihadiri oleh Rifat Sungkar, pereli nasional, yang akan bertindak sebagai juri tamu.


Peserta mendapat pengarahan dari juri pengawaa lomba|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Selain Rifat Sungkar, peserta akan berhadapan juga dengan juri lain yang berasal dari kalangan praktisi, influencer otomotif, dan karyawan internal Tekiro.

Dalam tes troubleshooting engine, peserta harus mampu menyelesaikan permasalahan seputar mesin kendaraan.

Tes ini merupakan tantangan yang menarik bagi peserta, karena dalam tantangan ini peserta dituntut untuk mampu memecahkan sebuah masalah, mendiagnosis, dan melakukan perbaikan secara presisi.

Kemampuan tim peserta dalam menganalisis suatu permasalahan pada mesin sangatlah menentukan keberhasilan tim dalam memperoleh nilai tertinggi dan simpati para juri.


Suasana pelaksanaan lomba otomotif TMC 2024|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

PT Altama Surya Anugerah telah menyiapkan berbagai hadiah menarik selain uang tunai jutaan rupiah dan perlengkapan bengkel.

Pihak sekolah dari pemenang juga akan mendapatkan trophy bergengsi, sertifikat dan free pass jaminan untuk dapat bergabung menjadi karyawan B-Quik (tanpa tes) serta piala bergilir Tekiro Mechanic Competition (TMC) 20024 bagi juara pertama.

Dalam konferensi pers yang dilakukan pada Sabtu, 27 April 2024, dinyatakan secara terbuka bahwa Planet Ban selaku salah satu sponsor pendukung juga menyatakan kesiapannya untuk memberikan peluang bagi pemenang lomba TMC 2024 untuk dapat bergabung sebagai karyawan Planet Ban.


Tim peserta lomba bekerjasama menyelasaikan tugas lomba sesuai dengan soal yang diberikan|sny-otomotif1.com|Foto: Dok. SonnyWibz

Suksesi dari penyelenggaraan TMC 2024 tak lepas dari dukungan penuh dari para sponsor yang berasal dari brand-brand besar seperti B-Quik, Planet Ban, Eneos Oil, dan ban Zeneos.

Hingga berita ini diturunkan pelaksanaan lomba telah memasuki babak Semifinal, selanjutanya babak final akan dilaksanakan pada esok hari, Minggu, 28 April 2024.

Pemenang akan diumumkan pada hari yang sama usai penyelenggaraan babak final berakhir.

Susunan pemenang dan juara selanjutnya akan ditayangkan oleh redaksi otomotif1.com setelah mendapat konfirmasi dari panitia penyelanggara TMC 2024.

***[sny]

Sumber:


BERITA TERKAIT

Tekiro Disambangi 300 Siswa SMK

Sabtu / 16-12-2023,23:29 WIB

Para pelajar yang hadir di hari yang berbeda tersebut berjumlah lebih dari 300 orang yang berasal SMKS Triguna Utama Ciputat, SMKS Bina Mandiri Bekasi dan SMKS Hasanah Fathimiyah Bekasi.

 Tekiro Disambangi 300 Siswa SMK

Berita Lainnya

Kecelakaan Maut Bus Trans Putera Fajar Mendapat Perhatian Dari KNKT

Diduga bus ini armada AKDP yang berdomisili di Baturetno Wonogiri. Sepertinya, sudah dijual dan dijadikan bus pariwisata dan umurnya diperkirakan sudah 18 tahun.

Seperti Apa Wacana Penyesuaian Tarif KRL Jabodetabek dan Transjakarta? Begini Penjelasannya!

Tarif KRL Jabodetabek tidak mengalami penyesuaian atau kenaikan sejak tahun 2016. Sementara untuk tarif Bus Trans Jakarta sejak tahun 2005.

vidstr