Terkuak! Kolabobrasi Hebat Dua Negara Bangun Bendungan Super Besar di Jawa Barat Mampu Menampung 979 m3 Air, Siapa Partner Mereka?

Terkuak! Kolabobrasi Hebat Dua Negara Bangun Bendungan Super Besar di Jawa Barat Mampu Menampung 979 m3 Air, Siapa Partner Mereka?

Terkuak! Kolabobrasi Hebat Dua Negara Bangun Bendungan Super Besar di Jawa Barat Mampu Menampung 979 m3 Air, Siapa Partner Mereka?-UNPLASH-

Bendungan Jatigede berperan ganda, tidak hanya sebagai penyedia air irigasi dan penangkal banjir, tetapi juga sebagai sumber air bersih dan energi listrik.

Air yang disimpan dalam bendungan ini mencapai 3500 liter per detik, menjadi sumber air bersih bagi masyarakat di sekitarnya.



Selain itu, Bendungan Jatigede juga menghasilkan energi listrik sebesar 110 Megawatt (MW), memberikan kontribusi penting dalam pemenuhan kebutuhan energi bagi wilayah sekitarnya.

Pembangunan Bendungan Jatigede menjadi pilot project kerjasama antara Indonesia dan China, dimana dana yang digunakan bersumber dari APBN dan pinjaman dari pemerintah China.

Baca juga: Rencana Ambisius Pemekaran Sumatera Selatan, Sebut Kadidat Paling Cocok Jadi Patner Wilayah, Musi Ilir Pemenangnya?





×

Baca juga: Uwakeh Tenan! Catat Nama Daerah Penghasil Cabai Paling Banyak di Jawa Timur, Kabupaten Blitar Bukan Pemenangnya?

Baca juga: Garut Punya Rahasia! Temukan Pesona Kampung Indah, Tersembunyi di Tengah Alam hingga Dirumorkan Bak Surga Dunia, Emang Gitu?

Kerjasama ini adalah contoh nyata bagaimana negara dapat bersinergi untuk menciptakan manfaat yang berlipat ganda bagi masyarakat.

Bendungan Jatigede merupakan salah satu keberhasilan yang patut diapresiasi dan menjadi simbol penting dari kerjasama, efisiensi sumber daya, dan manfaat multi-fungsi yang dapat dicapai melalui proyek infrastruktur yang canggih.

Proyek ini menggambarkan komitmen Indonesia dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

Rifky Hidayat Habiskan Rp180 Juta Untuk Memodifikasi Yamaha XMax Miliknya

Rifky banyak menggunakan produk aftermarlet asal Thailand dan mengunakannya hingga 75% pada motor modifikasinya.

vidstr