SMK Negeri 4 Jakarta Raih Gelar Juara Tekiro Mechanic Competition 2024

SMK Negeri 4 Jakarta Raih Gelar Juara Tekiro Mechanic Competition 2024

SMK Negeri 4 Jakarta Raih Gelar Juara Tekiro Mechanic Competition 2024-sny/otomotif1.com-Wibz/oto1

Otomotif1.com l – SMK Negeri 4 Jakarta juarai Tekiro Mechanic Competition 2024 yang diselenggarakan oleh PT Altama Surya Anugerah pada tanggal 27 – 28 April 2024 di kantor pusat PT Alama Surya Anugerah di kawasan Bandengan Jakarta Utara.

PT Altama Surya Anugerah adalah penyalur dan pemegang merk resmi tiga brand terlaris, Tekiro, Ryu, Rexco yang turut berkontribusi dalam perkembangan ketrampilan dalam bidang teknik otomotif bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) jurusan Teknik Lendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).




SMK Negeri 4 Jakarta Raih Gelar Juara Tekiro Mechanic Competition 2024|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

Kegiatan Lomba Ketrampilan Otomotif Tekiro Mechanic Competition (TMC) 2024 merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya setelah sukses menggelar kegiatan serupa di 2023 dan 2022 yang lampau.

Penyelenggaraan TMC 2024 kali ini telah menyelesaikan babak final yang digelar pada 28 April 2024 ditempat yang sama dan SMK Negeri 4 Jakarta dinyatakan sebagai Juara TMC 2024 dengan hasil yang sangat memuaskan.





×

Seperti dijelaskan dalam artikel sebelumnya, Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali Di Gelar Diikuti Oleh 58 ribu Siswa SMK Pendaftar Se-Pulau Jawa, TMC 2024 telah menjaring minat siswa SMK se-Jawa dengan jumlah terbanyak ditahun 2024 ini, yakni sejumlah 58.886 siswa pendaftar.

Ini menunjukkan tingginya minat siswa dan pihak Sekolah Menengah Kejuaraan se-Pulau Jawa untuk mengikuti lomba ketrampilan otomotif bergengsi tingkat SMK. Sejauh ini, menurut Stefanus Santoso selaku Direktur PT Altama Surya Anugerah belum ada kegiatan kompetisi ketrampilan serupa yang digelar secara resmi.

Ide inipun mendapat tanggapan serius dari banyak pihak sekolah khususnya Sekolah Menengah kejuruan (SMK), tidak hanya yang tersebar di Pulau Jawa saja tetapi juga diluar Pulau yang sangat mengharapkan kegiatan serupa dapat diselenggarakan didaerah mereka.


SMK Negeri 4 Jakarta Raih Gelar Juara Tekiro Mechanic Competition 2024|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

TMC 2024 tidak hanya mengasah pengetahuan yang diperoleh siswa dibangku sekolah saja tetapi juga dituntut untuk mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan praktek langan dan setiap siswa peserta dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam ujian troubleshooting.

Kesiapan siswa dalam menguasai berbagai materi soal dibuktikan secara nyata dalam setiap babak yang diselenggarakan dalam TMC 2024. Tercatat sebanyak 377 sekolah Kejuruan bidang otomotif berjibaku menggembleng setiap siswanya untuk dapat bersaing secara ketat diperlombaan.

377 sekolah ini harus memperebutkan hadiah total senilai Rp239 juta yang terdiri dari uang tunai dan perlengkapan bengkel dan tercatat sebagai penyelenggaraan terbesar yang pernah ada.

“Lomba ini bisa dijadikan pengalaman bagi para siswa untuk dapat melatih kemampuan otomotifnya dan siap terjun ke dunia kerja, selain itu kami berharap mereka bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dari penerapan belajar di sekolah,” ungkap Stephanus Santoso Wakil Direktur PT. Altama Surya Anugerah sebagai perusahaan pemegang merek Tekiro.

Setelah melewati babak penyisihan secara daring pada tanggal 27 Maret 2024 terpilihlah 30 sekolah terbaik yang lolos ke babak semifinal. Adapun sekolah-sekolah tersebut berasal dari Jakarta 5 sekolah, Banten 4 sekolah, Jawa Barat 6 sekolah, DI Yogyakarta 3 sekolah, Jawa Tengah 9 sekolah dan Jawa Timur 3 sekolah. Bagi 30 sekolah yang masuk ke semifinal diberikan uang apresiasi senilai 2 juta rupiah persekolah.


SMK Negeri 4 Jakarta Raih Gelar Juara Tekiro Mechanic Competition 2024|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

Babak Semifinal

Pada Babak Semifinal tiap sekolah terdiri dari 1 team yang beranggotakan 3 orang. Para peserta pada babak ini harus menjalankan ujian praktik secara langsung yang terbagi dalam beberapa pos. Pada setiap pos, peserta diberikan berbagai tes seputar otomotif yang harus diselesaikan secara tim. Mereka di uji kecepatan, ketepatan, dan keterampilannya dalam menyelesaikan tantangan-tantangan dalam waktu yang ditentukan. Setelah melewati berbagai rangkaian tes dari pagi hingga sore hari dibabak ini, terpilihlah 10 sekolah yang mengikuti babak final dikeesokan harinya.

Babak Final

Babak Final terdiri dari tes presentasi dan tes trouble shooting engine kendaraan. Pada tes presentasi siswa harus bisa menjelaskan tema seputar otomotif di depan tim juri yang terdiri dari kalangan praktisi, influencer otomotif dan karyawan internal Tekiro.


SMK Negeri 4 Jakarta Raih Gelar Juara Tekiro Mechanic Competition 2024|sny/otomotif1.com|Wibz/oto1

Pada tes trouble shooting engine para siswa harus bisa menyelesaikan permasalahan seputar mesin kendaraan. Tes ini merupakan tantangan yang menarik bagi peserta untuk menguji kemampuan mereka dalam memecahkan masalah, mendiagnosis dan melakukan perbaikan yang presisi.

Selain uang tunai dan peralatan bengkel, sekolah yang juara juga mendapatkan trophy, sertifikat, free pass menjadi karyawan B-Quik dan piala bergilir Tekiro Mechanic Competition 2024 bagi yang juara pertama.

Berikut adalah juara Tekiro Mechanic Competition 2024:

Juara 1: SMK Negeri 4 Jakarta

Juara 2: SMK Negeri 8 Bandung

Juara 3: SMK Negeri 2 Kebumen

Harapan 1: SMK Negeri 2 Surabaya

Harapan 2: SMK Negeri 26 Jakarta

 ***[sny]

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr